Hamster Hamil dan Melahirkan

Tips Hamster hamil dan melahirkan

Hamster Menyusui

  • Kalau hamster hamil besar dan mulai gelisah segera ganti serbuk kayunya, biasanya kalau serbuk bersih dia lebih nyaman dan cepat melahirkan.
  • Sediakan makanan lebih banyak dari biasanya.
  • Wheel / puteran hamster bisa membantu hamster hamil supaya cepat melahirkan. Tapi, setelah melahirkan, lepas semua perabotan : puteran / wheel, tempat mandi, dan semua mainannya.
  • Sediakan rumah-rumahan untuk sarang. Biasanya ibu hamster memasukan Hamster Menyusuianak-anaknya ke situ. Selain itu, untuk beberapa induk hamster yang stres (misalnya suka jatuh-jatuhin badannya ke belakang gitu) berguna juga supaya anak-anaknya tidak tertindih.
  • Kadang-kadang,  beri tahu putih untuk membuat susu ibu hamster mengalir deras.
  • Lebih baik tempatkan hamster hamil dan melahirkan di fun box atau aquarium. Pengalaman neh, pernah ada hamsterku yang melahirkan di kandang berjeruji. Eee..tau-tau setelah beberapa hari anaknya ada yang keluar lewat sela-sela jeruji..
  • Jangan terlalu sering melihat hamster yang sedang menyusui dan jangan terlalu berisik supaya dia tidak merasa terganggu. Kalau ibu hamster terganggu ia tidak mau menyusui.


Catatan :

  • Apabila melihat bayi hamster dimakan induknya, biasanya karena bayinya tersebut Hamster menyusui sudah mati. Jadi bukan dimakan hidup-hidup. (tapi ada juga sih kasus bayi dimakan hidup-hidup. Yang aku tau hamster Syrian punya temenku pernah begitu).
  • Kalau ada bayi hamster yang mati dan tidak dimakan induknya segera dikeluarkan dari kandang.
  • Ada beberapa hamster yang memisah-misahkan bayinya untuk disusui, jadi dia bergantian menyusui mereka.
  • Untuk menghindari hamster hamil lagi setelah melahirkan, pisahkan jantannya (apalagi kalau jamtannya ada tanda-tanda mau ngawinin terus.hoho..). Soalnya,  apabila hamster hamil pada saat masih menyusui anak-anaknya (apalagi kalau sudah mendekati kelahiran) biasanya dia akan menyerang anak-anaknya (based on true story nihh..). selain itu kasihan juga kan kalau terus-terusan melahirkan.
  • Biasanya untuk hamster yang baru pertama kali melahirkan ada kemungkinan dia tidak mau menyusui, bayinya ada yang mati, bahkan mati semua. Itu karena hamster baru belajar memelihara anak.
Categories: Hamster Hamil dan Melahirkan | Tags: , , | 111 Comments

Ciri-Ciri Hamster Hamil

-  Perutnya ndut..biasanya baru kelihatan kalau sudah dekat waktu melahirkan.

-  Kadang ada hamster yang jadi agresif. Biasanya ga pernah gigit jadi gigit.

-  Nafsu makannya besar, minumnya juga banyak.

- Suka nimbun makanan, biasanya d bawah serbuk

- puting susu terlihat jelas (d bawah perut ada titik2 hitam gitu keliatan jelas)

Foto hamster hamil :

Campbell Normal Hamil Violet Hamil
hamster hamil Hamster Hamil
Hamster hamil

Yang terakhir itu bukan mati looh,.hehe.. emang tidurnya begitu, keliatan kan tu titik-titik item alias puting ^^

Categories: Hamster Hamil dan Melahirkan | Tags: , , | 163 Comments

Penyebab Kegagalan Hamster Melahirkan

Sebelumnya curhat dulu niihh..awalnya, setiap hamsterku melahirkan pasti anak-anaknya mati atau dimakan ibunya. Pokoknya, udah 3 kali deh kayak gitu. Jadi stres sendirilah rasanya..Setelah di selidikii..akhirnya aku menemukan beberapa sebab kenapa mereka semuanya mati :

1. Kelahiran pertama black-ku dan argente-ku, kesalahanku adalah (hiyaa..kayak pengakuan dosa aja..) :

-  Mainan ga aku lepas. Jadinya ibunya ga konsentrasi buat nyusuin anaknya. (padahal maksudnya kan biar ga stress (T,T))

-  Kandangku kan tingkat, trus rumahnya ada di atas. Hiyaaa..suatu malam, tiba-tiba ibunya ngeboyong anak-anaknya ke rumahnya itu, dan paginya aku liat pada jatuh-jatuh tuh anak-anaknya..

-  Karena aku beranggapan anak hamster butuh kehangatan, jadinya serbuk hamster aku kasih banyak-banyak. Padahal..mereka jadinya malah ketimbun-timbun serbuk dan ibunya ga nyusuin. Pas aku bersihin (setelah semua anak mati) hiyaaa.. nemu 1 anak ketimbun..

2. Kelahiran kedua argente-ku :

- Ibunya mati di tengah-tengah melahirkan. Kayanya ga kuat gitu. Aku ga tau kenapa bisa gitu, ga tau juga harus gimana.

Tapi, setelahnya..hamsterku sukses terus kalau melahirkaaan..hehe..ada yang mati juga tapi pasti ada yang hidup.

Categories: Hamster Hamil dan Melahirkan | 16 Comments

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers