Makanan Hamster

makanan untuk hamsterku

Racikan Sendiri Makanan Hamster

Mengingat jumlah hamsterku yang semakin bnyak akhirnya aku memutuskan untuk meracik makanan hamster sendiri, dan hasilnya pengeluaran pun semakin berkurang! hohoho…

Di mana membeli racikan makanan hamster?jawabannya di toko burung (lho!?) betul sodara-sodara, seperti yang kita ketahui.. makanan hamster terdiri dari biji2an. daaan.. makanan burung juga kan biji2an..hehehe.. cuma kalo ga salah untuk burung tertentu makanannya biji tertentu gitcu. CMIIW.

Berikut daftar biji2an yang biasa aku beli di toko burung :

  1. milet 4 ons
  2. osek/otek 4 ons
  3. beras merah 2 ons (abisnya hamsterku kurang suka)
  4. kacang ijo 3 ons (ni yang mahal)
  5. jagung kecil 3 ons
  6. kwaci 2 ons

Racikan seperti ini aku beli harganya ga nyampe 20rb, waktu aku masih di jogja. Sekarang aku tinggal di bandung, nanti dupdate lagi yak harganya..

 

update

kmaren beli hargnya bekisaran 11rban tapi ga pake kacang ijo ama kwaci. hmm.. kacang ijo 1/4 kilo 45ooan lah.. (knpa gw jadi ky ibu2 gini..hehe..)

Categories: Makanan Hamster | Tags: , , | 9 Comments

Makanan Hamster

Hamster adalah hewan kecil dengan nafsu makan besar. Coba aja kasih cokelat, wafer, dan makanan kemasan lain. Pasti tu hamster suka deh.. TAPIIII….makanan kayak gitu ga bagus loohh..bisa bikin obesitas, ga bagus juga buat pencernaannya.

Kalau aku bisanya kasih pellet khusus untuk hamster .

Pelet HamsterTapi kadang-kadang aku kasih juga makanan racikan sendiri yang dijual di Pet Shop. Cuma sekedar share aja nih.. aku menghindari makanan hamster yang mengandung pewarna, kayak  pink, orange gitu. Selain hamsterku kurang suka, takut juga pewarnanya bisa bikin hamster kenapa-kenapa.

Selain pellet, kadang aku kasih wortel, tahu putih, atau toge buat selingan. Tahu putih bagus buat ibu hamster yang lagi hamil dan menyusui. Toge juga bagus buat kesuburan hamster. Tapi, kalau kasih tahu atau toge jangan terlalu banyak ya.. Jangan tiap hari juga. Kalau terlalu sering dikasih, nanti bisa bikin diare, trus hamster jadi kurus dan ga sehat deh..

Berapa kali kita memberi makan hamster? Kalau aku, biasanya kasih makan haster 2x sehari. Pagi sama malem. Takaran buat sepasang :

takaran makanan hamster Sebenernya dulu peternak hasmter tempat aku beli  pellet nyaranin kasih makan hamster 1x aja. Tapi..suka ga tega kalau ada hamster yang ga bisa diem kayak minta makan gitu..hoho… Kalau aku perhatiin nih, setiap kali kasih makanan pasti langsung diserbu sama hamster-hamsterku dan dalam sekejab raib deh tuh makanan. Hamster bisa menyimpan makanannya di kedua pipinya, makanya kalau habis makan tu pipi pasti pada gembul-gembul deh.hehe..naahh..nantinya mereka sendiri yang akan mengatur kapan mereka mau makan. Kalau kelebihan, biasanya mereka nimbun atau ngubur makanannya di suatu tempat gitu deh..

Tips :

-          Taruh makanan di tempat makan. Kalau disebar gitu aja, takutnya kena  bekas pipis atau kotoran mereka.

-          Kasih makanan hamster secara teratur dan secukupnya saja supaya mereka ga perlu menimbun makanan lagi.

-          Ganti makanan setiap hari, meskipun sisa.

Categories: Hamster, Makanan Hamster | 13 Comments

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers