Kisah Hamsterku dan 8 Ekor Anaknya (part 1)

Suatu ketika.. saya sadar seekor hamster saya tengah hamil tua. Segera saya ambil tindakan dengan memisah hamster tersebut dari kelima sodaranya yang lain. Entah siapa gerangan yang telah menghamilinya

Karena saat itu hamster saya membeludak, dengan terpaksa saya taruh dia di sebuah ember merah (tadinya ember nyokap, tapi gara2 udah berubah fungsi, dia jadi geuleuh mo makenya )

Kisah pun dimulai MySpace

Beberapa hari setelah dipindahkan.. lahirlah 8 ekor anak dalam keadaan sehat. Seperti pada umumnya ibu yang baru melahirkan, ia sering sekali kehausan, hingga ia banyak minum (ya iyalah..masa haus terus salto?). Agar semua bayinya kebagian susu, Ia menyusui ke delapan anaknya secara bergantian. Anak2 yang sedang tidak disusui sering menangis sehingga ia pun harus bolak-balik menyusui mereka.

Entah karena apa, sang ibu kadang ngambek dan ga mau nyusuin anak2nya. Mungkin karena kelelahan mengurus sekian banyak anak sendirian. 8Ekor euy! Coba ada program KB yak buat hemster..

Lalu ketika stresnya memuncak, entah kenapa ia akan naik ke atas atap (berasa King Kong dia..) terus lompat ke bawah. Ga sadar kalo di bawah2nya ada anak2nya berceceran. Sempat khawatir anak2 itu terluka, beberapa kali juga harus masukkin anak2nya itu kedalem rumah supaya aman.

Namun pada akhirnya, berkat tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat (adeww..) kedelapan anak pun dapat tumbuh besar dan menjadi anak2 yang berbakti (kata siape..? :D)

Seiring bertambahnya usia.. masalah pun muncul. Sang ibu memperhatikan anak2nya yang tidur berdesak-desakan. Tidak mungkin mereka tinggal di ember sempit seperti ini selamanya.

Akhirnya sang ibu pun berinisiatif melakukan demo untuk meminta tempat tinggal baru.😀 Berikut poto2nya :

akankah mereka mendapat kandang baru?

to be continue…..

Categories: Cerita Hamster | 67 Comments

Post navigation

67 thoughts on “Kisah Hamsterku dan 8 Ekor Anaknya (part 1)

  1. kak, tlng, buat yg lain lg!

  2. kak, sebenarnya aku Ega Cantik. tapi aslinya Ega. aku dah punya FB. add aku ye! atau emai aku di egasanjaya72@yahoo.com. bye!

  3. bikin yang tulisan2 gini gimana kak ??????????????

  4. bikin komik2 kayak gini gimana ni kak,aku punya hamster waktu itu beranak 8 tapi nggak kayak kakak mereka mati semua😛 satu persatu hingga umur dua minggu tinggal 4 besoknya induk dan 2 anak nya mati di gigit kucing
    ya tinggal 2 terus anak hamster yang satu buta satu lagi sakit terus
    THE END
    TAMAT🙂

    • Hehe.. Endingnya kok sedih bgt.. Tapi ini ga nyangka juga loh bakal bertahan hidup semua.. Soalnya induknya ga bisa diem,suka lompat2 ke mana2 ^^

  5. Andik

    eummm..mbak,kalo ak mau chat seputar hal non hamster gmn n dimana ni?🙂
    Kisah part2nya serru abizz… Para artisny jg profesional smua,terutma yg lg cek kndisi kandang bru tu.hahahahaha

  6. Andik

    mbak,ak pny penglman menarik ni.induk hamsku mati wkt anakny br usia 1mggu.awalny ak cb rawat semampuku,tp kykny susah.kecmbah pun cm dimkn dkt sj.krn tkt mrk mati kelaparan,stlah 2hr ak nekad gambling sj meskipun akbtny bs fatal,ak masukin betina argente yg ud lwt 1bln melhrkan.eh ternyata si induk it mlh merwt mrk dg sgt baik spt anak kandung sndri,kasian ank2ny berebutan nyusu,si induk sm skl ndk mrh,malah dia buatkan sarang.sungguh menyentuh ya..🙂. Terharu bgt liatnya..

    • wah.. hebat yahh..🙂 untung susu ibu hamsternya masih keluar.. Tapi hebat lohh, padahal sudah lewat sebulan ya dia melahirkan🙂 semoga anak2nya bisa tumbuh sampai gede semua

      • Andik

        ya mbak,yg ak heran su2 indukny msh ada,ntah bnr ada atw ndk yg jls anak2ny betah nyusu lama2.ak mau rwt induk ini smp dia tua nti n ndak akan ak jual..besar kasihnya patut diacungkan 2 jempol .hehe..skr anak2nya ud bs mkn sndri n ttp tggl bersma induk tirinya.:)..o y ak br lht ud ad lnjtan kisah hams mbak,pasti seru ni

  7. Assyifa U. S.

    Kak, wkt ♥ɑ̤̥̈̊к̣̣̥u gendong hamsterku, ternyata hamsterku tu Lªªƍΐ mau pup, ☂ⓐþï ♥ɑ̤̥̈̊к̣̣̥u liat pup-nya Î╥ů kayaknya wrna kuning deh, gmn kak? Apa Î╥ů G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡  masalah? Kalo sakit gmn ngobatinnya?? º°˚♏:)ª:)K:)ª:)§:)Ǐ:)♓º°˚

    • assyifa

      kak jawab dong……………

    • Sori2.. Baru liat pertanyaannya,soalnya keburu tenggelem sama komen lain.. Makanan jg bs mempengaruhi Warna pup, spt wortel. Tapi kalo takut bawa aja ke dr hewan, soalnya sy jg ga ahli ya masalah penyakit.
      Bisa juga tny di blog/forum yang membahas tentang penyakit hamster

  8. assyifa

    ya kak

  9. assyifa utami

    kak, blog hamster yang lainnya dimana ya? info kakak emang bagus dan lengkap, tp aq mw cari ttg penyaki yg bisa disebabkan hamster kak. tolong ya…

    • bisa masuk ke forumnya klub hamster indonesia, di situ banyak yang ahli hamster tuu..

      o iya, mungkin maksud km leptospirosis ya, bukan leptomania ato kleptomania

      • Assyifa Utami Sukarsono

        eng…. nggak tau lupa,emang bisa ya kak nyebabin leptospirosis??
        oh tidak…

      • Saya kn cuma bilang mungkin maksudnya Leptospirosis. Soalny saya ga pernah denger nama penyakit Leptomania. Coba cari di Google

  10. Andik

    iyes..ww tu jinak bgt kt kwnku,ak dah puas digi2tin ma campbel,bpknya,emaknya,malah anak2ny yg br umur 2mggu jg pnh gi2tin jariku wkt lg gti makanannya.gi2tan hamster bnran ga beresiko kena penyakit pes kan kyk tikus mbak?

    • Ga berani jawab ahh, kalo masalah penyakit😀 bukan bidang dan tidak ada pengalaman soalnyaa..
      Yang jelas, saya dulu juga ampir tiap hari digigitin campbel (_ _”)

      • Andik

        tp mbak msh sehat ampe hr ni,berarti ga pa2 kali ya.hahaha…stelah pny anak2 dr 3ekor hams,n smuany dh bsr skr,ak pny mslh bru mbak,smuany ga bs digabungin,pasti berantem ampe berdarah2.yg jd mslh,ak jd hrus buat 6buah kandang lg buat pisahin hamster yg ga seinduk n jg berdasar betina dg jantan.jd ribet mau ngasi mrk mkn.apa ga bs mbak akurin mrk?pdhl ud ak mdikan pasir wangi sm2 sblm di gabungin.

  11. Assyifa Utami Sukarsono

    kak, tadi (barusan) aq kan taruh hamsterku di pangkuanku,trus aku main komputer sebentar bwt cari info ttg hamstermtrus hamsterq tu jatoh kak…trus dia waktu dilantai tu kyk jatuh tersungkur gitu…m..trus wkt aq kembalikan ke kandangn,jalannya dia tu kyk cm kakinya yg dipake dorong,jadi kayak pincang,dulu juga pernah sih anak hamsterq yg umur 3minggu kyk gitu,nggak mati sih,ya karena wkt itu jarak dari tanganku ke lantai nggak jauh..trus sekarang itu agak jauh mbak,,jalannya kyk gk normal,trus geraknya kayak orang stroke,…plisssss kak!!!!jawab ya gimana cara ngobatinnya,,,,, T^T T^T 😥

    • HMm.. bisa jadi kakinya patah. Saya kurang tau yahh cara pengobatannya, mungkin bisa di bawa ke dokter hewan. Kalau berdasarkan pengalaman, biasanya hamster yang kakinya patah suka menggigiti kakinya yang patah tersebut.
      Kalau hamster dikeluarkan dari kandang lebih baik diawasai baik2, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

      • Assyifa Utami Sukarsono

        Tapi kakinya nggak patah,skrg dia udh keliatan gpp sih..kak,kira2 blog ttg hamstr dmn lagi ya kak?coz aq mw cari info hamster bisa nyebabin penyakit leptomania apa enggak…..

  12. Andik

    ww pnya mbak pasti jinak skl y..sy pgn bgt piara jns ww tp di daerah sy ga ad yg jual.yg ada cm campbel ama syria sj..

    • Sebenernya saya lebih suka campbel karena banyak varian bulunya. Tapi yaa,, enaknya ww itu karena jinaknya itu😀

  13. Andik

    iya ni,hdpnya enak tu bpknya,fisik selalu dikontrol agar tetap fit dan tgsnya cm membuahi.hahaha…
    iya ni mbak,sy curiga anak hams sy ad yg hamil dg sdrany sndri krn trlmbt sy pisahin,mudah2an jak keturunannya sehat2 sja

  14. Andik

    ah ga pa2,ak tipe doyan nunggu..:) iya ni mbak kpn lanjutan kisahnya tu?hehe..mbak 3hams betinaku ud melhrkan,anak2 mrk yg mata merah n bulu agak cerah kok cm satu sj ya?pasti gitu hsl dr tiap 1induknya.sdgkan yg plg byk tu yg kyk di gmbr mbak itu(coklat)..

    • Yang di gambar itu winter white. Yg warna coklat memang mirip campbel normal.
      Yah,,mungkin memang pmbawaan gennya sperti itu.🙂 emang indukny campbel apa?

      • Andik

        induk betinanya ada 3,campbel platinum,normal dan argente red eye,kalo bpknya cm satu,campbel black mbak.akibat plg fatal kalo hams kawin dg saudara kandungnya sndiri apa y mbak?

      • Waww poligami >_< hmm,,klo dr argente ato platinum mgkn bs pengaruh anakny ada yg berbulu cerah atau mata merah. Klo normal ama black biasany anakny mata hitam (kec sblmny ada sejarah mata hitamny)
        Ada yg bilang sih bs ngerusak gen keturunanny (cacat) tp jujur aja, pearl saya awalnya cm sepasang dan skrg sdh puluhan itu ya ada yg kawin sesama sodara juga tp baik2 aja tuh ^^

  15. Assyifa Utami Sukarsono

    Kak,bikin lanjutannya dongg…

  16. pake FB aja di ega sanjaya

  17. Assyifa Utami Sukarsono

    kak, hamster bisa bikim kleptomania gak?

    • kleptomania? kleptomania kan penyakit yang bikin penderitanya tanpa sadar suka mencuri barang2 orang lain.
      Sepertinya tidak ada hubungannya..

      • Assyifa Utami Sukarsono

        Eh,sory sory kak!!aku salah.maksudku itu yg penyakit yg disebabkan sama kotorannya tikus,kucing,burung dan apa gitulah…aku lupa namanya….sorry salah tulis.namanya apa ya?? :$

      • aku sih gtw yah penyakit yang disebabkan hamster. Yang penting jaga kebersihannya aja.. rajin bersihin kandangnya (kalau aku biasanya pake masker atau sapu tangan buat nutup hidung setiap bersihin kandang hamster), cuci tangan sebelum dan sesudah memegang hamster

  18. Andik

    alo mbak,sory atas kekacauan mail2an bebrapa hari yg lalu yah…mbak mau nanya ni,apa mbak jg jualan hamster?hamster betina saya skr 3ekor malah beranak smua,kerepotan saya urusnya,tp sng jg si jd pnya byk bgt si bola wol dirmh..:)

    • Dulu pernah waktu kuliah..🙂
      HAha.. awas, nanti kalo udah beranak cucu cicit makin repot lagi lohh..😀
      kalo kandang sudah tidak mencukupi bisa mulai di pisah jantan dan betinanya atau bisa juga dijual atau dihibah

      • Andik

        Iya ni mbak, skr uda ada 17ekor anaknya, ditambah 3induk betina dan 1induk jantan lg,weleh-weleh…Saya kadang sampe habiskan 3jam lebih cuma buat ngurus mereka…Mereka ni masih kecil tapi uda suka gigit tangan kita, emang sifat campbell tu gitu kali ya?

    • Kalo campbel emang rata2 suka gigit, meskipun ada juga yang kalem n ga suka gigit. Sepanjang aku piara campbel, yang suka gigit tuh yang jenisnya Black, klo yang jarang gigit yang Normal. Gtw knp tuh..

      • Andik

        iya mbak,hams jantanku tipe black coral,ak ud 2x digi2t ampe berdarah.dan yg platinum jg galak bgt.anak hams ak ad yg di kpla n bwh perutny corak abu2 muda,leher dan bdny wrna putih.itu jenis cmpbel apa ya?hasil dri jns normal n black coral tuh.o ya mbak,kalo mau chating sm mbak gmn ya?apa lwt blog ni trus?hehe

      • klo abu2 itu dove,, bisa follow twitterny @Yihayihi tp mgkin sama aja, agak lama juga klo bles pertanyaan2.hehe.. Maap2..😀

  19. yang mau kenalan bisa ke email egasanjaya72@yahoo.com atau kirim surat ke Caecilia Ega Sanjaya ….. atau yang mau pake FB tunggu kabar selanjutnya (gw blum punya FB tp entar lagi di bikinin) cepat ya!

    ‘mohon maaf alamat terpaksa dihapus oleh admin untuk mencegah hal2 yang tidak diinginkan’

    • DI bawah ada yang nanya tu.. ga enak mo jawab, soalnya nanyanya ke Ega kayanya.. ^^
      Blognya uda jadi belum?

      • Andik

        sory mbak,yg nanya soal hammy itu pertnyaan buat mbak,,,

    • Andik

      ni komen buat aku slh stunya yah?hehe.. Dah pnh aku search email itu cing,tp ga ada isinya.apa tu ya?aku jg blom ngerti amat..

      • Aku juga gatau..dikasihnya itu.. tulis aja email ke alamat email yang ada di atas..

    • Andik

      waduh,balasan aku td ada dikotak komenmu atw dikotaknya mbak yihayihi ya?aku ni lg OL pk hp zaman napoleon,jd linglung ni

  20. hai kak! tukar link yuk! http://hamsterku-lucu.blogspot.com link kakak sudah ku pasang

    • Oke.. udah ku pasang..

      • Andik

        Maaf mbak tanya skl lg, ni anak2 hamsterku kok uda pada galak yah? Saya yg uda sabar2 tungguin mereka ampe 2minggu n pd akhirnya kesampaian jg nyentuh mereka, eh yang jantan malah gigitin jari saya “untungnya gigi mereka masih menyebabkan geli bukan sakit,,hehe”. Apa sifat dasar hamster uda kaya gitu ya?Trus gimana mau menjinakkan mereka?Apa saya pasrahin saja tangan saya sebagai tempat mereka mengasah gigi??? :b

  21. Andik

    kalo uda 3minggu, uda aman blm anaknya pisah sama induknya? Soalnya ponakan saya pengen minta 2ekor buat dia piara di rumahnya.

    • Mending tunggu sampai sebulan dulu.. kasihan juga kalau masih terlalu kecil sudah dipisah

      • Andik

        Makasih banyak atas sarannya mbak…..🙂. Oh ya mbak, gimana caranya saya mau kenalan ama Ega Cantik ye? Maklum, saya blom bisa2 amat maen internet, masih gaptek.hehe…

      • Sama2..Liat komen di atas, dia punya blog juga loh..

  22. Assyifa Utami Sukarsono

    ia gpp,sebisa mungkin ya

  23. Assyifa Utami Sukarsono

    hahahahaaaaaaaaaaaaa,kkuuuooocaaakkk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: