Eyeshield 21 – Seputar American Football !

Setelah ngomongin Eyeshield 21, jadi pengen ngulas dikit tentang olahraga American Football. hehe.. Ini sepanjang yang gw baca dari komik Eyeshield 21 dan dibantu wiki, jadi ringkasannya ajaūüėÄ

American Football di mainkan oleh 2 tim yang masing2 terdiri dari 11 pemain. Mirip dengan baseball/kasti, ada tim yang bertahan (defense) dan tim yang menyerang (offense). Biasanya dalam satu tim American Football ada tim khusus offense dan tim khusus defense yang sesuai dengan keahlian si pemain. Namun, untuk kasus Devil Bats yang anggota timnya sedikit, mereka melakukan keduanya baik offense maupun defense.

0

Pemain Offense :

РOffense Line (OL) : terdiri dari 5 orang yang bertugas melindungi pelempar bola dan membuka jalan bagi pembawa bola. Kalo nonton di film2, mereka yang suka nubruk2in badannya ke lawan <- Baru tau kalo maksudnya untuk menghalangi tim defense lawan yang mencoba menjatuhkan pembawa bola. Ada 1 orang yang bertugas sebagai center yang berfungsi untuk mengoper bola ke quarter back di belakangnya setelah play dimulai.

РQuarter Back (QB) : pemain yang bertugas menerima bola yang dioper center. Setelah itu ia akan memutuskan apakah bola akan dioper ke running back, di lempar ke pemain lain (passing), atau di bawa sendiri.

– Running Back (RB) : bertugas membawa lari bola. Posisinya di belakang atau di samping Quarter Back karena harus siap menerima operan bola.

– Wide Receiver (WR) : bertugas menangkap lemparan ke depan dari Quarter Back. Lemparan ke depan hanya bisa dilakukan sekali dalam 1 play dan dilakukan dari belakang posisi awal bola. Selebihnya, lemparan hanya bisa dilakukan ke samping atau ke belakang.

– Tight End (TE) : posisinya berada sejajar di luar barisan Line. Bisa merangkap sebagai WR maupun OL

РKicker : Akan dipakai pada saat2 tertentu, misalnya saat kick off, field goal, atau tendangan konversi setelah touchdown

Pemain Defense :

– Defense Line (DL) : posisinya berhadap-hadapan dengan OL (ngebayanginnya aja horor yak, siap2 tubrukan dalam hitungan detik). Tugasnya adalah menjatuhkan pembawa bola (RB) atau menjatuhkan QB agar tidak bisa melampar atau mengoper bola.

– Corner Back (CB) : tugasnya menghalang-halangi pemain penyerang yang bertugas sebagai WR untuk menangkap bola.

– Line Backer (LB) : posisinya ada di antara DL dan CB. Bertugas untuk menjatuhkan QB atau mentackle RB

20121008173411!American_Football_field_(NFL)

Awal permainan dimulai dengan menentukan pemain penyerang atau bertahan dengan melakukan coin toss, setelah itu dilakukan kick off oleh tim penyerang. Kick off dilakukan dengan menendang bola ke arah defense (tendangan dilakukan dari bidang penyerang). Setelah itu bisa terjadi 2 kondisi :

– Bola ditangkap pemain defense kemudian dibawa maju sejauh mungkin ke bidang lawan, dan titik ia di jatuhkan lawan akan menjadi titik awal penyerang melakukan play.

РBola ditangkap di daerah End Zone yang memungkinkan defense membawa lari bola, atau melakukan touchback. Apabila terjadi touchback, maka tim bertahan akan menjadi tim penyerang. Titik serangan akan dimulai dari garis 20 yard.

Langsung ke inti yahh,,

Tim penyerang memiliki kesempatan untuk melakukan down (serangan) sebanyak 4 kali untuk membawa bola sejauh 10 yard menuju end zone. Apabila berhasil, maka mereka akan mendapat kesempatan tambahan (first down) melakukan down sebanyak 4 kali lagi. Tapi kalau gagal, maka bola berpindah ke tim lawan.

Perolehan skor :

ES21a3

– Touchdown : bernilai 6 poin. Terjadi apabila pemain berhasil membawa bola sampai ke end zone lawan atau menangkap bola di end zone lawan. Setelah touchdown, akan diberi satu kesempatan lagi untuk melakukan konversi 1 poin atau konversi 2 poin. Konversi bernilai 1 poin dilakukan dengan tendangan ke arah goal field, sedangkan konversi bernilai 2 point dilakukan dengan melakukan serangan lagi seperti halnya melakukan touchdown

– Field Goal : bernilai 3 poin. Biasanya dilakukan setelah down ke 4, apabila penyerang sudah dekat dengan end zone dan merasa tidak bisa maju lagi. Pada saat ini, pemain yang bertugas sebagai kicker akan berusaha memasukan bola ke antara 2 tiang gawang yang diletakkan di belakang end zone lawan.

– Safety Goal : bernilai 2 point. terjadi apabila pemain penyerang yang membawa bola terdesak mundur dan di jatuhkan di end zone sendiri ; atau bola yang di pegang jatuh di end zone sendiri ; atau melakukan pelanggaran di daerah end zone sendiri.

Sekian dulu sodara2.. CMIIW !!

Categories: Komik | Tags: , , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Eyeshield 21 – Seputar American Football !

  1. Itu lapangannya ting.. Lucu banget.. Buat yang suka komik cow, komik olah raga pasti suka B)

  2. itu yang ijo2 ada angkanya kaya penggaris apaan Mba??
    lucu bgt ya komiknya? aku udah ngopy komiknya full tp belom baca nii..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: