Gua Maria Poh Sarang

Tanggal 13 Juli yang lalu, saya bersama ortu dan rombongan dari gereja melakukan ziarah ke Kediri, tepatnya Gua Maria Puh Sarang atau ada juga yang menyebutnya Gua Maria Poh Sarang. Tempat ini terletak di Desa Puh Sarang, Kecamatan Semen, Kediri. Ini pertama kalinya saya ziarah ke Puh Sarang, makanya excited bangetlah. Kata temen2 saya tempat ini memang bagus dan ketika ada kesempatan untuk ke sana, tentu saja dengan senang hati saya mau. hehehe..

Berdasarkan yang saya baca dari guamaria.info, di kawasan ini terdapat 5 objek ziarah umat Katolik, yaitu gereja berarsitektur candi, 3 patung Bunda Maria, 3 jalan salib, 3 pondok rosario, dan Gua Maria Lourdes. Selain itu ada juga Mausoleum (makam para uskup dan romo) dan Columbarium (penitipan abu jenasah), Bumi Perkemahan Bukit Tabor, dan Taman Hidangan Kana.

Ziarah yang kami lakukan kemarin adalah Jalan Salib dan berdoa di Gua Maria Lourdes.O iya, Gua Maria Lourdes ini merupakan tiruan Gua Lourdes di Prancis. Dibangun pada 11 Oktober 1998 dengan tinggi 18 meter dan lebar 17 meter.

PuhSarang_YihaYihi's blog

Rute Jalan Salib di Puh Sarang ini cukup panjang. Namun keasrian tempat ini dengan rindangnya pepohonan membuat  para peziarah tidak merasa lelah. Meskipun saat itu cuaca cukup panas.

Puh Sarang3_YihaYihi's blog

Rute Jalan Salib Puh Sarang

Puh Sarang4_YihaYihi's blog

Rute Jalan Salib Puh Sarang

Puh Sarang2_YihaYihi's blog

Rute Jalan Salib Puh Sarang

Salah satu perbedaan jalan salib di Gua Maria Puh Sarang dengan tempat ziarah lainnya adalah patung-patung dalam tiap perhentiannya. Baru kali itu saya melihat diorama jalan salib yang sebesar-besar itu.

Berikut ini adalah 14 perhentian pada Jalan Salib Gua Maria Puh Sarang : *)

PuhSarang_Perhentian1_YihaYihi's blog

Perhentian I
Yesus Dijatuhi Hukuman Mati

Perhentian II Yesus Dijatuhi Hukuman Mati

Perhentian II
Yesus Memanggul Salib

Puhsarang_Perhentian3_YihaYihi's blog

Perhentian III
Yesus Jatuh untuk Pertama Kalinya

Perhentian IV Yesus Berjumpa dengan Ibunya

Perhentian IV
Yesus Berjumpa dengan Ibunya

Perhentian V Yesus Ditolong Simon dari Kirene

Perhentian V
Yesus Ditolong Simon dari Kirene

Perhentian VI Wajah Yesus Diusap oleh Veronika

Perhentian VI
Wajah Yesus Diusap oleh Veronika

Perhentian VII Yesus Jatuh untuk Kedua Kalinya

Perhentian VII
Yesus Jatuh untuk Kedua Kalinya

Perhentian VIII Yesus Menghibur Perempuan2 yang Menangisinya

Perhentian VIII
Yesus Menghibur Perempuan2 yang Menangisinya

Perhentian IX Yesus Jatuh untuk Ketiga Kalinya

Perhentian IX
Yesus Jatuh untuk Ketiga Kalinya

Perhentian X Pakaian Yesus Ditanggalkan

Perhentian X
Pakaian Yesus Ditanggalkan

Perhentian XI Yesus Disalibkan

Perhentian XI
Yesus Disalibkan

Perhentian XII Yesus Wafat

Perhentian XII
Yesus Wafat

Perhentian XIII Yesus Diturunkan dari Salib

Perhentian XIII
Yesus Diturunkan dari Salib

Perhentian XIV Yesus Dimakamkan

Perhentian XIV
Yesus Dimakamkan

*)klik gambar untuk melihat ukuran yang lebih besar

Categories: Jalan-Jalan | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

