Daily Archives: April 27, 2015

Penipuan Kartu Diskon >.<

Berhubung baru saja mengalami kejadian tidak mengenakan, akhirnya sy nulis lagi di blog ini (setelah bertahun2 v_v, gomen ya komenter..)

Kejadiannya baruuu aja tadi pagi sy alamin. Jd awalnya tuh ada nomer tidak dikenal yg menelepon saya. Setelah diangkat, orang itu langsung bertanya  “Benar ini dengan ibu Maria Yesse di PT. … dengan alamat xxxx ” <= menyebut nama dan alamat kantor saya. Langsung saya iyakan (saat itu saya langsung berpikir bahwa yang menelepon adalah sales dari bank N, karena beberapa bulan lalu ada penawaran kartu kredit dr bank tersebut dan itu data yang saya berikan. FYI saya hanya pernah mencantumkan alamat kantor untuk kartu kredit tersebut)

Jujur aja saat itu sy bener2 percaya kalau penelepon adalah sales bank. Lalu orang tersebut mengatakan bahwa sy adalah 1 dari 200 orang yang beruntung mendapatkan kartu diskon yang mana dengan kartu diskon tersebut sy akan mendapat potongan harga hingga 30% di supermarket2 seperti hypermart,carrefour, dll juga potongan untuk salon2 kecantikan, hotel2 bintang 5, paket wisata rohani (mungkin krn liat nama sy dy jadi nyebutin yerusalem, roma, dll), dan sebagainya. Dan kartu tersebut berlaku untuk jangka waktu 10 tahun. Jujur ajaa saat itu saya masih percaya ini orang bank. Oya, perhatikan… Orang ini menyebutkan potongan harga di berbagai tempat ini hingga berkali2.. mungkin ada 4-5 kali dia ulaaang terus.. (apa ini behubungan dengan hipnotis or cara dy mengalihkan perhatian saya untuk hanya fokus pd diskon tersebut, gtw jg yaa)

Lalu sy tanya, “apakah ada iuran atau pendebetan langsung dr saldo bank sy” dy langsung menjawab “oohh.. tidak ada bu”.lalu ia kembali menjelaskan promo2 di berbagai tempat itu lagi. Dan karena dia menggunakan logat daerah tertentu dan cara bicaranya cepet bgt, sy samar2 memang menangkap dy menyebut jumlah nominal tertentu (entah untuk apa). Setelah itu dy bilang, “kalau gt nanti kartu, dokumen dan voucher2 hotel (4 lembar klo ga salah) akan di kirimkan ke kantor ibu” Saya jawab saja ok.. Setelah telepon ditutup dy sms saya untuk menyimpan nomernya tersebut.

Selang 1-2 jam ada telpon dr seseorang yang mengaku kurir dari si bapak tersebut. Dy menanyakan ancer2 alamat kantor saya. Ya sudah sy berikan. Tp entah kenapa perasaan sy jd ga enak. Akhirnya sy coba searching di google dengan kata kunci “kartu diskon 10 tahun” daaann… jeng..jenggg.. ternyata banyak banget artikel yang memuat kerjadian seperti yg sy alamin. Yang mana itu adalah PENIPUAN!! Jadi kurir tersebut akan datang membawa alat gesek untuk kartu saya  dengan dalih aktivasi, lalu otomatis rekening saya akan tersedot.

Akhirnya langsung aja sy sms si orang tersebut

screenshot_2015-04-27_1547-1

Ga berapa lama orang itu menelepon saya .. Menjelaskan lagi panjang lebar. Lalu saya tanya lagi dg agak ketus “Ini nanti saya harus bayar lagi ga?” Lalu dengan nada yg sepertinya agak emosi dy menjawab “td kan sy sudah jelaskan, blablabla..” gtw dy bilang apa, tp sy udah terlanjur ga percaya sama orang ini, lalu saya potong “aahh,, udahlah ga usah ga usah.. Ini nipu ya!!” langsung telpon di matikan. Setelah itu orang tersebut memaki-maki sy lewat sms

screenshot_2015-04-27_1548

Keliatan kaann.. itu tulisan orang sekolah apa engga!

Setelah itu saya langsung cek website Sheraton.. mana ada promo2 begitu. Lalu saya telpon jg cs bank saya. Dan emang ga ada kerja sama/promosi dengan pihak mana pun terkait kartu diskon. Lalu saya komplain knp ada orang yg bs tau data saya, yang mana data mengenai no telp, nama, kantor, alamat kantor hanya pernah sy berikan pd saat membuka rekening dan penawaran kartu kredit. Lalu sang CS menjawab klo memang mereka ga bs mengontrol sales mereka. Tadinya mereka minta no kartu kredit untuk di cari keterangan lebih lanjut, namun krn memang saya ga bw (dan belum pernah aktivasi) akhirnya ya sudahlah sy anggap aja selesai.

Yah, sekianlah sharing saya. Thx a lot buat temen2 bloger lain yang udah nyeritain pengalaman2nya sehingga saya ga kejebak. Buat semuanya lebih baik jangan cepet tergiur dengan iming2promo, diskon, dan sbg. Seperti nasihat atasan saya “di mana2 ga ada yang namanya sinterklas bagi2 duit”

nb : sy pernah beberapa kali liat di youtube rekaman penipu2 lewat telepon. Dan rata2 menggunakan logat2 tertentu. Klo yang sy tau dari pacar saya (dy pernah punya pengalaman sebagai cs), seharusnya diusahakan agar logat daerah (medok) tidak terlalu kentara saat berbicara dengan customer.cmiiw

Categories: corang-coreng | Tags: , , , | Leave a comment

Blog at WordPress.com.