Ikan-ikan kecil

Dua hari yang lalu, tepatnya Minggu, 9 agustus gw mulai melihara ikan. hehehe Sebenernya udah dari dulu pengen sih, soalnya ada 2 akuarium bekas hamster yang ga kepake. Cuma akuarium yang 1 alasnya retak jadi takut nanti bocor pas di kasih air. Satu hal lagi yang bikin gw pengen pelihara ikan itu gara2 2 ikan lele di kolam depan rumah seminggu yang lalu berakhir di penggorengan. Abisnya ikannya dah gede banget hampir sepanjang kolam udah gitu suka nyerobot makanan si coklat, kura2 abang aku. kan kaciaaan

Gara2 si mamah ga bs ngebunuh lelenya akhirnya minta tolong tetangga deh. Emang itu juga udah syarat gw sih. Pokoknya gw ga mau liat pas di bunuh dan gw ga ga mau ada kepalanya klo udah di goreng. Ga tegaaa   Gitu2 juga kan dia pernah jadi bagian dari keluarga si coklat. Maap ya kura2, km sekarang alone  Yaaaa.. tp pada akhirnya mereka tetep berakhir di penggorengan siih.. daaaaann tetep ga tega juga sih pas makannya. hahaha meskipun udah di belah jadi 2 (gara2 kepanjangan) tetep aja masih ke bayang2 pas si lele berenang di udara eeeh,, di laut,, eh.. di kolam. Jadinya si mamah potong2 lagi ikannya jadi kecil ga berbentuk trus dikasih kuah di kasih cabe ijo yang banyak.. dan kemakan juga deh.

Ok.. cukup sekian cerita tentang si lele yang sebernya bukan topik utama di cerita ini  Jadi akhirnya gw ke toko ikan. Yah, karena baru pertama kali pelihara ikan sendiri (dulu bokap sm kakak yg piara n ngerawat) gw milih ikan yang kecil2 dan murah. Yang 2500anlaaa  Nanti kalo udah jago baru beli ikan yang mahalan. Yak, karna gw ga suka ribet juga gw maunya ikan yang ga butuh oksigen tetep bisa idup. Oh, ada kata penjualnya namanya guppy sama molly. okee bungkuuuss.. gw juga ga mau beli filter takut mahal, bersihin aja 3 hari sekali.. bereeesss.. Akhirnya dengan riang gembira gw pun pulang ke rumah 

Sampe rumah langsung deh si ikan di cemplungin ke akuarium. Sebelumnya udah dikasih air, batu2an sama taneman hiasan doong biar unyu. Lutunaaa liat ikan2 kecil berenang2. Kasih makan yang banyaakk

Beberapa menit gw perhatiin si ikan, kok mereka di permukaan mulu yaa,, apa mereka nyari oksigen. Waduuuhh.. Ikan2 kecil gw jangan2 ga bisa napas (panik) akhirnya ngobok2 perlengkapan akuarium lama dan untunglah masih ada aerator (buat ngeluarin gelembung oksigen). Dan setelah di pasang ternyata masih berfungsi. Sippp.. jadi deh akuarium gw beserta oksigennya. Selamat bersenang-senang ikaaan..
Keesokan harinya gw bangun dengan riang gembira menengok si ikan baru. daaaannn… jeng..jeng.. where are they?? lhaa.. ikan aku ilaaangg.. Bukan ilang sodara2.. tp ga keliataaan.. T.T yupss.. airnya udah kotor bin keruh bin butek. huweeee.. tp syukurlah ga ada ikan yang mati, mereka masih berenang-renang sambil terbatuk2 uhuk..uhuk.. (boong deng..mana tau ikan batuk ky apa) Langsung deh gw ganti airnya. Masih agak keruh tapi mendingan daripada sebelumnya. Gw liat lagi sambil harap2 cemas sampe kapan kejernihan yang samar-samar ini bertahan (aposehh). Akhirnya gw putuskan pulang kantor kudu wajib beli filter. Dan itulah yang gw lakukan di malam kedua melihara ikan. Beli filter (sebenernya di rumah ada top filter cuma gede banget, yg ada ikan gw nanti kesedot). Dan sampe rumah ternyata memang airnya sudah keruh lagi. Akhirnya gw ganti lagi airnya trus gw pasang filter barunya. Ya, masih agak keruh sih soalnya gw cm ganti 3/4 airnya. Ya sudahlah yang penting oksigen beres, filter beres. Klo masih keruh juga nangis ajalah gwnya

Besoknyaa.. dengan agak deg2an gw bangun langsung nengok si ikan. Daannn… Horeeee. kinclong mameen.jerniiihhh.. syukurlaah filternya berfungsi. Ikan2nya juga keliatan seneng, mereka main2 di deket pipa filternya (eh, itu bahaya ga ya..) Pokoknya yang penting mereka seneng deh. Kasih makan lagi yang banyaaakkk

Sorenya pulang dari kantor, ngegym bentar trus pulang deeh liat ikan. dan ternyataa.. airnya keruh lagi  filternya rusakkah?? cuma bertahan seharikah?? Akhirnya gw gugling kenapa bisa cepet keruh. Daaan.. ternyata pemberian makanan yang terlalu banyak juga berpengaruh lohh bisa bikin air cepet keruh (ya sihh kotorannya juga pasti jadi banyak kan) selain itu batu2an atau akesoris di dalam akuarium juga bisa bikin kotor karena kotoran ikan nyempil2 di sana dan tidak terserap filter. Hmmm.. ternyata emang gampang-gampang susah ya melihara ikan itu. Okeee.. ternyata memang gwnya masih harus belajar lagi cara melihara ikan yang benar.

DSC_0761

Keruh bangettt

DSC_0762

setelah di ganti airnya

Untuk sementara, 3 hal yang wajib dimiliki pemula sebelum mulai pelihara akuarium :
– akuarium
– filter
– aerator

Categories: corang-coreng | Tags: | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Ikan-ikan kecil

  1. kocaaak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: