Hamster

Kisah Hamsterku dan 8 Ekor Anaknya (part 2)

Kisah sebelumnya.. (ciee..)

Sebelum itu.. sebenernya dulu itu ga rencana bikin part 2,3 dan seterusnyaa.. hahaha.. maunya langsung aja ditamatin dalam 1 postingan. Kalo pun di bikin sambungannya paling berbulan-bulan lagi ato bertahun2 lagi, Abisnyaa maluu.. diketawain temen gw

Untuk part 1 bisa cekidot di sini : Part 1

Baiklahh.. kisah sebelumnya kann.. seekor hamsterku secara tak dinyana beranak 8 biji. Akhirnya karena rasa iba, belas kasih, dan hati mulia sang pemilik yaitu saya, akhirnya saya pun mencarikan mereka kandang yang lebih layak   -> padahal sebenernya sih uda kewajiban

Pilihan saya jatuh pada sebuah kandang mungil berwarna merah. FYI, kandang ini kandang pertama kali banget yang saya beli pas miara hamster pertama saya yaitu Yihha dan Yihhi (jadi inget Yihha Yihhi.. MySpace)

Setelah nyemplungin 2 buah rumah2an dan tempat makanan, saya biarkan hamster2 itu menjelajahi kandang baru mereka. Tugas saya pun selesai..

Ada foto aneh di gambar terakhir!!

Akhir cerita mereka pun puas dengan kandang baru mereka dan saya pun lega karna akhirnya kisah ini tamat juga.. Haha.. 😀 Pusing bikinnya soalnya

Advertisements
Categories: Cerita Hamster | Tags: , , , | 8 Comments

Rancangan Kandang Hamster Impraboard

Menanggapi pertanyaan pada postingan saya sebelumnya Step by Step Kandang Hamster Impraboard maka saya akan memberikan contoh rancangan kandang hamster impraboard lengkap dengan ukurannya:

Perhatikan : garis tebal hitam adalah bagian yang dipotong sedangkan garis putus2 adalah bagian yang hanya diiris. Garis Merah di tengah hanya patokan untuk memasang sekat. Daerah yang di beri warna ungu muda adalah sisa papan yang nantinya bisa digunakan untuk membuat sekat.

cat : maksudnya diiris adalah papan impraboard diiris menggunakan cutter tapi tidak sampai putus, sehingga papan bisa dilipat (kalau sudah tau papan impraboard seperti apa pasti ngerti)

Sebagai bonus, akan saya berikan satu lagi rancangan saya untuk membuat kandang hamster ukuran 15x15x20 cm. Untuk membuat kandang hamster ini digunakan 1 buah papan impraboard besar ukuran 75×100 cm dan 1 buah papan impraboard kecil ukuran 50×75 cm. Fungsi papan impraboard kecil adalah untuk membuat sekat kandang, Nantinya akan jadi 8 buah kandang yang masing2 dapat menampung 1 ekor hamster.

Berikut Hasil Jadinya :

Kalau ada pertanyaan kenapa ukuran kandangnya kecil sekali, saya hanya bisa bilang kalau ini salah satu solusi agar pemelihara hamster tidak perlu khawatir ketika hamsternya yang entah disengaja atau tidak jadi terlalu banyak dan tidak ada tempat lagi untuk menampungnya.  Perlu di ketahui, resiko menggabungkan banyak hamster dalam 1 kandang adalah kemungkinan mereka akan berantem satu sama lain. Bisa dibayangkan kan, seandainya dalam satu kandang ada 8 ekor hamster, dan ke8nya tidak akur. Apa tidak kewalahan jadinya membeli kandang hamster baru sebanyak itu!?

Tambahan dari saya, pisahkan hamster jantan dan betina kalau dirasa anda tidak mampu lagi mengurusnya. Jangan pada akhirnya anda menelantarkan mereka hanya karena bosan atau malas mengurusnya karena terlalu banyak 🙂

Categories: Kandang Hamster | Tags: , , , | 20 Comments

Kisah Hamsterku dan 8 Ekor Anaknya (part 1)

Suatu ketika.. saya sadar seekor hamster saya tengah hamil tua. Segera saya ambil tindakan dengan memisah hamster tersebut dari kelima sodaranya yang lain. Entah siapa gerangan yang telah menghamilinya

Karena saat itu hamster saya membeludak, dengan terpaksa saya taruh dia di sebuah ember merah (tadinya ember nyokap, tapi gara2 udah berubah fungsi, dia jadi geuleuh mo makenya )

Kisah pun dimulai MySpace

Beberapa hari setelah dipindahkan.. lahirlah 8 ekor anak dalam keadaan sehat. Seperti pada umumnya ibu yang baru melahirkan, ia sering sekali kehausan, hingga ia banyak minum (ya iyalah..masa haus terus salto?). Agar semua bayinya kebagian susu, Ia menyusui ke delapan anaknya secara bergantian. Anak2 yang sedang tidak disusui sering menangis sehingga ia pun harus bolak-balik menyusui mereka.

Entah karena apa, sang ibu kadang ngambek dan ga mau nyusuin anak2nya. Mungkin karena kelelahan mengurus sekian banyak anak sendirian. 8Ekor euy! Coba ada program KB yak buat hemster..

Lalu ketika stresnya memuncak, entah kenapa ia akan naik ke atas atap (berasa King Kong dia..) terus lompat ke bawah. Ga sadar kalo di bawah2nya ada anak2nya berceceran. Sempat khawatir anak2 itu terluka, beberapa kali juga harus masukkin anak2nya itu kedalem rumah supaya aman.

Namun pada akhirnya, berkat tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat (adeww..) kedelapan anak pun dapat tumbuh besar dan menjadi anak2 yang berbakti (kata siape..? :D)

Seiring bertambahnya usia.. masalah pun muncul. Sang ibu memperhatikan anak2nya yang tidur berdesak-desakan. Tidak mungkin mereka tinggal di ember sempit seperti ini selamanya.

Akhirnya sang ibu pun berinisiatif melakukan demo untuk meminta tempat tinggal baru. 😀 Berikut poto2nya :

akankah mereka mendapat kandang baru?

to be continue…..

Categories: Cerita Hamster | 67 Comments

Step by Step Kandang Hamster Impraboard

Kali ini gw mau share cara bikin Kandang Hamster dari Impraboard (padahal sebenernya udah pernah ) Tapi kali ini langkah2 yang lebih lengkapnya sekalian buat contoh kandang hamster impraboard modifikasi 😎

Tujuan pembuatan Impraboard kali ini adalah: 

1. Supaya kalian wahai pecinta hamster yang hamsternya membeludak seperti saya tidak usah mengeluarkan biaya yang terlalu mahal untuk membeli kandang hamster. hahaa.. Bukan untuk menghancurkan bisnis penjual kandang impraboard loohh.. 

2. Supaya kalian wahai pecinta hamster yang hamsternya membeludak seperti saya tidak perlu mendengar omelan enyak babe gara2 make ember, panci, baskom, dll buat dijadiin kandang hamster 😀

Bahan2nya masih sama kaya yang dulu : Impraboard (yang besar 30rb), lem alteko (cukup 1 buah 4500), cutterpenggarispulpen, Kalau mau pake tutup bisa ditambah kawat ram (semeternya 15rban), gunting kawat (17rban)

Langkah pertama, yang paling penting yaitu Rancangan

Sangat penting membuat rancangan Kandang sebelum kita mengiris-iris (emang tomat..?) impraboard. Tentunya kita ga mau kaaan.. impraboard yang kita beli terpotong sia2. Tentukan mana bagian yang di potong atau mana bagian yang hanya diiris untuk lipatan. Bagian putus2 pada rancangan di atas adalah bagian yang nantinya diiris. Jangan lupakan juga bagian yang nantinya akan dilem.

Rancangan selengkapnya bisa liat di sini

Langkah kedua, memindahkan rancangan tersebut ke Impraboard

Gambarlah impraboard sesuai rancangan yang telah dibikin. FYI, Papan Impraboard besar biasanya berukuran 100cm x 75cm. Impraboard rancangan saya adalah 4 buah kandang berukuran panjang 20cm, lebar 15cm, dan tinggi 20 cm. Dari rancangan di atas bisa diliat kaaan.. mana bagian yang nantinya jadi alas kandang.

Langkah ketiga, potong dan iris impraboard sesuai rancangan, lalu oleskan krim coklat di atasnya.. (naon sih.. :D)

Inget yaah.. untuk bagian yang diiris jangan terlalu dalam mengcutternya karena bisa terpotong nanti.. Gunakan bantuan penggaris untuk memotong atau mengiris impraboard.

Langkah ke empat, lipat2lah impraboard sesuai selera (rancangan maksudnya )

Walaahh.. jadilah sebuah box besar yang bisa menampung ribuan hamster.. (lebay..). Biarkan selama 2 jam-an, lalu lap dengan kain basah untuk menghilangkan bau lem.

Langkah ke lima,  sekat. Dari rancangan yang gw bikin, akan ada sisa impraboard yang dapat digunakan untuk sekat, bahkan tutupnya sekalian

Langkah ke enam, Tutup Kandang

Tutup kandang ini sumbangan dari my luphly brother, jadi gw ga bisa jelasin cara bikinnya. Jujur aja, tangan saya tidak bersahabat dengan ram, kawat, dll. hehehe..

Demikianlah sodara2, contoh lain kandang hamster buatan sendiri yang ada di rumah saya.. Banyak cara memodifikasi kandang hamster, tergantung kreatifitas. Kandang di atas hanyalah contoh kandang minimalis untuk menampung hamster2 saya yang menjomblo 

Categories: DIY, Kandang Hamster | Tags: , , , | 11 Comments

Hamster Comic :D

Iseng2 gw bikin komik dari poto2 Pearl gw nih. 😀 Abis muka mereka ekspresif bangeett sih.. Hahaha..

To Be Continue… Blog.Uhm.vN

Categories: Cerita Hamster | Tags: , | 9 Comments

Create a free website or blog at WordPress.com.