Makanan Hamster

Hamster adalah hewan kecil dengan nafsu makan besar. Coba aja kasih cokelat, wafer, dan makanan kemasan lain. Pasti tu hamster suka deh.. TAPIIII….makanan kayak gitu ga bagus loohh..bisa bikin obesitas, ga bagus juga buat pencernaannya.

Kalau aku bisanya kasih pellet khusus untuk hamster .

Pelet HamsterTapi kadang-kadang aku kasih juga makanan racikan sendiri yang dijual di Pet Shop. Cuma sekedar share aja nih.. aku menghindari makanan hamster yang mengandung pewarna, kayak  pink, orange gitu. Selain hamsterku kurang suka, takut juga pewarnanya bisa bikin hamster kenapa-kenapa.

Selain pellet, kadang aku kasih wortel, tahu putih, atau toge buat selingan. Tahu putih bagus buat ibu hamster yang lagi hamil dan menyusui. Toge juga bagus buat kesuburan hamster. Tapi, kalau kasih tahu atau toge jangan terlalu banyak ya.. Jangan tiap hari juga. Kalau terlalu sering dikasih, nanti bisa bikin diare, trus hamster jadi kurus dan ga sehat deh..

Berapa kali kita memberi makan hamster? Kalau aku, biasanya kasih makan haster 2x sehari. Pagi sama malem. Takaran buat sepasang :

takaran makanan hamster Sebenernya dulu peternak hasmter tempat aku beli  pellet nyaranin kasih makan hamster 1x aja. Tapi..suka ga tega kalau ada hamster yang ga bisa diem kayak minta makan gitu..hoho… Kalau aku perhatiin nih, setiap kali kasih makanan pasti langsung diserbu sama hamster-hamsterku dan dalam sekejab raib deh tuh makanan. Hamster bisa menyimpan makanannya di kedua pipinya, makanya kalau habis makan tu pipi pasti pada gembul-gembul deh.hehe..naahh..nantinya mereka sendiri yang akan mengatur kapan mereka mau makan. Kalau kelebihan, biasanya mereka nimbun atau ngubur makanannya di suatu tempat gitu deh..

Tips :

–          Taruh makanan di tempat makan. Kalau disebar gitu aja, takutnya kena  bekas pipis atau kotoran mereka.

–          Kasih makanan hamster secara teratur dan secukupnya saja supaya mereka ga perlu menimbun makanan lagi.

–          Ganti makanan setiap hari, meskipun sisa.

Categories: Hamster, Makanan Hamster | 15 Comments

Post navigation

15 thoughts on “Makanan Hamster

  1. kak vlis dijawap
    aq punya hamster jenis cambel dari pge ampe ciyang kebanyakan tidur pdhal aq dah ganti serbuk kayunya ma bersihin kandangnya
    dah gitu sibetina gx hamil2 jg
    krna setiap si jantan ngajak kawin selalu diserang madia apa da hubunganya karena si jantan lebeh besar tubunnya dari si betina

  2. Kak aku mau nanya Makanan hamster yg klo Gk Slh namanya “morning Sun” , itu baik gk buat hamster ? soalnya makanannya warna warni juga, takutnya klo ada bhn perwarna kyk kaka td bilang

    • Kalo warna-warni menyolok kaya pink,hijau,kuning, emang biasanya ada pewarnanya. Apalagi klo ada popcorn, biskuit, terlalu banyak kuaci.. itu kurang bagus buat hamster. Lebih baik makanan racikan sendiri, atau beli di toko khusus hamster🙂

    • hamster ku juga makan morning sun , kayak nya gpp deh, kan itu gak wrna wrni juga, paling peletnya yg ada wrna ijo” gitu , yg biji bijian memang ada yg coklat n krem ” gitu wrna nya , gpp deh kyk nya , bantu jwb aja 😊

      • Syukurlah klo hamsternya gpp🙂 tp kalo saya sih tetep menghindari makanan hamster yang sekiranya mengandung pewarna.

  3. aku kasih hamsterku makanan kayak gitu ada campuran biscuit,kuaci,biji-bijian,jagund,pop cron pokoknya campuran deh kaya makanan merek hamster food tapi nggak ada mereknya kak
    terus si hamsternya nggak suka biji-bijiannya dia cuman suka pop cron sama kuacinya jadi banyak makanannya yang kebuang itu kanapa ya kak

    • Wah,kalo udah ada campuran pop corn,biskuit, apalagi klo bijinya warna-warni (pink,orange,dsb) dan kemungkinan mengandung pengawet itu sudah jelas tidak bagus. Memang, bagi hamster mungkin enak,tapi ga bgs buat kesehatannya, dan sering mengakibatkan kematian. Belilah makanan hamster yg alami, tidak ada campuran ky gitu dan biasakan hamster makan biji2an dengan tdk memberikan makanan yg disukainy (popcorn/kuaci)

  4. kenzi

    gw punya hamster GBE di rumah ko bulu nya pada rontok ya ??
    itu kenapa ya kira2 ??
    trus biar bulu ny bagus laggi gimana cara nya ??

    • Bisa karena kandang atau makanannya. Biasanya kalau hamster kepanasan atau kandang yang lembab. Makanan kaya jagung ato pabrikan juga katanya bisa jadi penyebab bulu hamster rontok. Sering2lah membersihkan kandang hamster. kalau setelah di cuci, keringkan hingga benar2 kering (kalau aku serbuknya aku taburin bedak bayi, bulu hamsternya juga kadang2 ^^). JAngan terlalu sering juga dikasih sayuran (jagung, wortel,toge,dll)

      • kenzi

        mau nanya lagi nih sis,,
        ada ga sih makanan yang bisa bikin buu hamster cepet tumbuh ??
        trus biar hamster keliatan montok lagi di kasih makan apa ??
        soalnya ko hamster gw kay ulet pala bagol y ,, di bagian depan nya doang yang gede,,
        badan ke belakang kurus gitu ??
        makasih🙂

      • Yang penting kasih makan dan minum teratur, Jangan2 bagian belakangnya kururs karna kurang minum.
        JAngan terlalu sering dikasih sayuran. JAngan taruh kandang hamster di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan kalau serbuk basah segera di ganti yang baru🙂

  5. nad.Onadt

    kak, mau tanya, hamster kalo dikasih bayam bagus gak?

    • Daun2an tidak cocok untuk hamster. Lebih baik beri wortel,tahu putih, atau toge saja.. Itu pun tidak boleh terlalu sering..🙂

  6. chinta

    kalau hamster sering makanin kotorannya itu berbahaya ga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: