Kandang Hamster

Rancangan Kandang Hamster Impraboard

Menanggapi pertanyaan pada postingan saya sebelumnya Step by Step Kandang Hamster Impraboard maka saya akan memberikan contoh rancangan kandang hamster impraboard lengkap dengan ukurannya:

Perhatikan : garis tebal hitam adalah bagian yang dipotong sedangkan garis putus2 adalah bagian yang hanya diiris. Garis Merah di tengah hanya patokan untuk memasang sekat. Daerah yang di beri warna ungu muda adalah sisa papan yang nantinya bisa digunakan untuk membuat sekat.

cat : maksudnya diiris adalah papan impraboard diiris menggunakan cutter tapi tidak sampai putus, sehingga papan bisa dilipat (kalau sudah tau papan impraboard seperti apa pasti ngerti)

Sebagai bonus, akan saya berikan satu lagi rancangan saya untuk membuat kandang hamster ukuran 15x15x20 cm. Untuk membuat kandang hamster ini digunakan 1 buah papan impraboard besar ukuran 75×100 cm dan 1 buah papan impraboard kecil ukuran 50×75 cm. Fungsi papan impraboard kecil adalah untuk membuat sekat kandang, Nantinya akan jadi 8 buah kandang yang masing2 dapat menampung 1 ekor hamster.

Berikut Hasil Jadinya :

Kalau ada pertanyaan kenapa ukuran kandangnya kecil sekali, saya hanya bisa bilang kalau ini salah satu solusi agar pemelihara hamster tidak perlu khawatir ketika hamsternya yang entah disengaja atau tidak jadi terlalu banyak dan tidak ada tempat lagi untuk menampungnya.  Perlu di ketahui, resiko menggabungkan banyak hamster dalam 1 kandang adalah kemungkinan mereka akan berantem satu sama lain. Bisa dibayangkan kan, seandainya dalam satu kandang ada 8 ekor hamster, dan ke8nya tidak akur. Apa tidak kewalahan jadinya membeli kandang hamster baru sebanyak itu!?

Tambahan dari saya, pisahkan hamster jantan dan betina kalau dirasa anda tidak mampu lagi mengurusnya. Jangan pada akhirnya anda menelantarkan mereka hanya karena bosan atau malas mengurusnya karena terlalu banyak 🙂

Advertisements
Categories: Kandang Hamster | Tags: , , , | 20 Comments

Step by Step Kandang Hamster Impraboard

Kali ini gw mau share cara bikin Kandang Hamster dari Impraboard (padahal sebenernya udah pernah ) Tapi kali ini langkah2 yang lebih lengkapnya sekalian buat contoh kandang hamster impraboard modifikasi 😎

Tujuan pembuatan Impraboard kali ini adalah: 

1. Supaya kalian wahai pecinta hamster yang hamsternya membeludak seperti saya tidak usah mengeluarkan biaya yang terlalu mahal untuk membeli kandang hamster. hahaa.. Bukan untuk menghancurkan bisnis penjual kandang impraboard loohh.. 

2. Supaya kalian wahai pecinta hamster yang hamsternya membeludak seperti saya tidak perlu mendengar omelan enyak babe gara2 make ember, panci, baskom, dll buat dijadiin kandang hamster 😀

Bahan2nya masih sama kaya yang dulu : Impraboard (yang besar 30rb), lem alteko (cukup 1 buah 4500), cutterpenggarispulpen, Kalau mau pake tutup bisa ditambah kawat ram (semeternya 15rban), gunting kawat (17rban)

Langkah pertama, yang paling penting yaitu Rancangan

Sangat penting membuat rancangan Kandang sebelum kita mengiris-iris (emang tomat..?) impraboard. Tentunya kita ga mau kaaan.. impraboard yang kita beli terpotong sia2. Tentukan mana bagian yang di potong atau mana bagian yang hanya diiris untuk lipatan. Bagian putus2 pada rancangan di atas adalah bagian yang nantinya diiris. Jangan lupakan juga bagian yang nantinya akan dilem.

Rancangan selengkapnya bisa liat di sini

Langkah kedua, memindahkan rancangan tersebut ke Impraboard

Gambarlah impraboard sesuai rancangan yang telah dibikin. FYI, Papan Impraboard besar biasanya berukuran 100cm x 75cm. Impraboard rancangan saya adalah 4 buah kandang berukuran panjang 20cm, lebar 15cm, dan tinggi 20 cm. Dari rancangan di atas bisa diliat kaaan.. mana bagian yang nantinya jadi alas kandang.

Langkah ketiga, potong dan iris impraboard sesuai rancangan, lalu oleskan krim coklat di atasnya.. (naon sih.. :D)

Inget yaah.. untuk bagian yang diiris jangan terlalu dalam mengcutternya karena bisa terpotong nanti.. Gunakan bantuan penggaris untuk memotong atau mengiris impraboard.

Langkah ke empat, lipat2lah impraboard sesuai selera (rancangan maksudnya )

Walaahh.. jadilah sebuah box besar yang bisa menampung ribuan hamster.. (lebay..). Biarkan selama 2 jam-an, lalu lap dengan kain basah untuk menghilangkan bau lem.

Langkah ke lima,  sekat. Dari rancangan yang gw bikin, akan ada sisa impraboard yang dapat digunakan untuk sekat, bahkan tutupnya sekalian

Langkah ke enam, Tutup Kandang

Tutup kandang ini sumbangan dari my luphly brother, jadi gw ga bisa jelasin cara bikinnya. Jujur aja, tangan saya tidak bersahabat dengan ram, kawat, dll. hehehe..

Demikianlah sodara2, contoh lain kandang hamster buatan sendiri yang ada di rumah saya.. Banyak cara memodifikasi kandang hamster, tergantung kreatifitas. Kandang di atas hanyalah contoh kandang minimalis untuk menampung hamster2 saya yang menjomblo 

Categories: DIY, Kandang Hamster | Tags: , , , | 11 Comments

Kandang Modifikasi

Masih inget kandang buatan gw yang ini??

kandang hamster impraboard

Kalo ga tau bisa cek dimari ^^

Alkisah (beuhh..uda kaya dongeng) hamster2 gw makin menumpuk. Para pecinta hamster pasti pernah nih ngalamin yang namanya hamster overload.hahaha.. Salah satunya gw. Kalo dulu biasanya hamster2 yang kebanyakan  gw kasih2in ato gw jualin (maklum,,anak kos, bisa dicaci maki warga kos kalo keramean hamster ;p).Kalo sekarang rasanya belum rela n gada waktu buat itu semua.

Masalahnya adalaahh… stok kandang2 hamster gw menipis, mana banyak pejantan yang jomblo sedangkan stok betina abis..huehehe..boros kandang deh jadinyaa..

Naahh..salah satu cara gw buat semakin meminimalisir tempat dan duit yang terbatas untuk kandang baru, akhirnya gw modif deh kandang hamster di atass..^^ caranyaa..masih dengan menggunakan impraboard sisa. heuheu.. ini dia hasilnyaa.. eng..ing..eenngg.. ^^

Huuppp..masukkin hamsteeer.. ^^

Hehehe..terus tinggal tutup lagi deh pake kawatt..

Rebes khaann.. lumayanlah buat ngehemat tempat n duit :p

Categories: Kandang Hamster | Tags: , , , , | 8 Comments

Bersih-bersih Masal

Liburan kali ini gw pake 1 hari buat bersihin kandang hamster2. Ga enak soalnya selama gw gawe selalu bokap yg bersihin n kasih makan hamster2 gw. dan gw juga uda kangeeenn berat maen ama mereka ^^

Sekalian juga ngerapihin kandang hamster gw di rak. soalnya selama ini pada bergelimpangan di lante. hihihi.. 😀

Ni penampakan pas gw bersihin masal kandang2 hamster gw. wkwkwk..

ampe riweh sendiri liatnya (-.-“)

Tapi pas uda di rapihin jadinya ginii nii.. ^^

Yang kanan bawah penghuninya ikan 😀 FYI, di rumah gw selain hamster ada 3 ikan sirip merah (gtw deng namanya apa :D), 1 kura2, ama 3 ekor lele, taun lalu ada burung perkutut tapi mati gara2 uda tua ;( Sebenernya pengen miara dogy tapi ga boleh sm nyonya besar alias mmku 😀 “buang dulu hamster2nya baru boleh!” katanya. hooo..kuejam.. :(( trus kemaren mo beli burung buat nempatin kandang kosong dimarahin juga.. (–.–“)

Categories: Kandang Hamster | 13 Comments

Tips Kandang Hamster

Ada beberapa tips buat kandang hamster anda, sesuai pengalaman saya:

1. Kandang hamster harus sesuai dengan besar dan jumlah hamster ~ jangan sampai hamster                   kehilangan ruang untuk bergerak

2. Perhatikan mainan yang ada di dalam kandang ~ emang lucu siiih, liat banyak mainan di kandang             hamster 😀 , tapi sekali lagi hamster butuh ruang untuk bergerak, berlari kesana kemari.. 😀 terutama buat         yang hamsternya hobi loncat2..minimalkan segala sesuatu yang bisa membahayakan mereka

3. Serbuk kayu untuk bedding ~ tidak perlu terlalu banyak, tapi juga harus menutupi seluruh alas. nanti             hamsternya sendiri koq yang akan mengatur posisi pw-nya dia 🙂 tebal serbuk bisa sekitar 2-3 cm.

4. Rajin-rajinlah membersihkan kandang hamster ~ apabila sudah bau, kotor, ato basah segera ganti             serbuknya kalau perlu cuci sekalian kandangnya.

5. Tutup Kandang ~ Untuk kandang akuarium atau impraboard, jangan lupa memberi penutup di atasnya             untuk menghindari predator, dan mencegah hamster melompat keluar. Kecuali anda yakin kalau tempat           anda menyimpan hamster aman dari gangguan 🙂

6. Mainan untuk kandang akuarium atau impraboard ~ apabila kandang hanya memungkinkan untuk             menaruh satu jenis mainan saja, maka perhatikan tipe hamster anda, apabila tipe yang tenang, cukup               berikan rumah saja. bila tipe yang ga bisa diem, suka lari ke sana kemari, berikan kincir2/wheel.

kandang hamster

Rada ga penting nih, just want to share aja.. Kandang hamster yang paling aku suka adalah akuarium. kenapa?

  1. Serbuk ga akan bertebaran di mana-mana, seperti yang biasa terjadi kalau di kandang jeruji. mengingat kebiasaan hamster yang senang mengais-ngais
  2. Ada hamster yang suka manjat2 di kandang jeruji, trus jatuh-jatuhin badannya. Pernah pengalaman sekali hamsterku kakinya cacat gara2 sering lompat di kandang yang ada tingkatnya 😦
  3. Bersihin kandang jeruji repot..hehe..harus lepas sana-sini.. 😀

kandang hamster

Categories: Kandang Hamster | Tags: , , | 13 Comments

Create a free website or blog at WordPress.com.