Tips Menjodohkan Hamster

Bisa2nya bikin judul begini..cari jodoh buat sendiri aja susyah..hahaha..😀

Langsung ajaa.. Hamster anda ditinggal oleh pasangannya?hamster anda kesepian?Ingin mencari pasangan untuk hamster anda? berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum anda mencari pasangan yang tepat untuk hamster :

  • Jenis hamster, hamster yang akan dijodohkan harus sejenis, (maksudnya bukan jenis kelamin lohh..😀 )misalnya campble sama campble, winter sama winter, robo sama robo. Kenapa? dikhawatirkan anak hasil persilangan hamster beda jenis akan mengalami kelainan gen. 
  • Usia hamster, Tentunya kedua hamster harus sama2 sudah matang ketika dijodohkan, terutama betina.
  • Besar tubuh hamster, Tubuh hamster jantan harus lebih besar daripada betina.
  • Kondisi hamster, carilah hamster yang sehat, jangan yang cacat atau punya kelainan
  • Kandang hamster, cuci dulu kandang yang nantinya akan dipakai, minimalkan bau hamster. Takutnya hamster baru akan risih dengan bau2an yang tidak familiar dan akan bersikap protektif.
Selanjutnya..inilah yang saya lakukan saat menjodohkan hamster :
  • Keluarkan hamster dari kandangnya, lalu masukkan ke wadah lain, misalnya ember. Urutannya hamster jantan dulu baru betina. Setelah itu akan terlihat respon kedua hamster. Biasanya hamster akan mengendus-endus pasangannya. Si jantan akan menjilat kelamin betina. 
  • Apabila setelah disatukan si betina menyerang jantan, dan jantan terlihat takut pada betina, maka hamster tidak cocok. Tapii..apabila yang betina terlihat menghindar (mencicit-cicit) jangan curiga duluu, Soalnya, bagi yang belum biasa ngejodohin hamster, pasti dikirannya si betina sedang disiksa yang jantan sampe ngecicit2 gitu. Padahal, rata2 hamster betina emang jual mahal dulu klo dideketin yang jantan.😀 lama2 dia pasrah juga ko. Pokoknya gampangnya gini.. kalo betinanya yang kalah dari si jantan berarti no problemo tapi kalo sebaliknya berarti problemo. Tapi kira2 juga yah, si jantannya emang lagi pedekate ato ngajak berantem. Kalo sampe yang betina digigitin artinya ngajak berantem.hihi..
  • Kalo setelah beberapa lama hamster terlihat akur, artinya perjodohan berhasil.. tinggal dimasukin ke kandang dan tunggu beberapa minggu lagi maka hasilnya akan keluar. (owee..owee.. >_<) 
Tambahan : Bila anda mencari pasangan untuk hamster anda di petshop, ada baiknya bawa juga hamster anda. Sehingga anda ga akan salah pilih. Apabila si penjual tidak mengerti cara ngejodohinnya, bisa pakai cara saya di atas. hehe.. Semoga Berguna!
Categories: Hamster Pertamaku | Tags: , , , , | 159 Comments

Post navigation

159 thoughts on “Tips Menjodohkan Hamster

  1. ardia

    Permisi mau tanya~
    Hamster ku cambell argenthe red eye(cewe) sama bandit cambell (cowok),
    Aku berusaha nyatuin mereka, dulu udah aku satuin, tp yg cewek nyerang dan cowok ketakutan, hbs tu akur sendiri, udah sempet kawin jg, tiba2 cewekknya nyerang2 lgi,
    Aku pisahin lg kan, setelah bbrp hari, jdi satu lgi kawin lgi dan g akur lgi bahkan klo yg cowok masuk kandang cewek, cewekny lngsng nyari dan nyerang, ukuran cowoknya agak kecil drpd cewek~
    Tingkah ceweknya setelH kawin sama sblm beda bgt, setelah kawin dia jd agresif, suka dipojokan, tidur, makan, buat sarang~
    Apa dia hamil? Ity pertanyaanku, tp g gemuk2~
    Terimamasih~

  2. Kattie

    Kak, saya mau tanya Hamster apa yang gampang kawin ?
    Soalny baru baru ini saya punya hamster WW sepasang tapi gak kawin… Padahal umurnya udah hampir 1 thn

    • klo sepanjang sy melihara hamster sih hamster campbel ya yang sering melahirkan. Yang penting kandangnya selalu bersih, emang ada hamster yang susah ada yang gampang melahirkan😀

  3. Ginanjar DC

    kak, kalau hamster campbell sma syirian dikawinkan bagaimana hasilnya?? apakah bisa beranak? makasih infonya..

    • wah… ga bisa ya, jenisnya juga beda.. yang sesama hamster mini kaya campbel, winter, robo aja ga boleh di kawin silang..

  4. nabila hendra

    Kak mau tanya kan hamterku itu habis lairan lha truskan aku mau pisah eh ternyata ang jantan kabur terus kalo mau ngawiwin sama pejantan lain bia nggak ya kak? Kalo udah besar anak nya?

    • lidya

      Kak, ga ush di pisahin si jantan dgn betina, hamster saya jg baru lahiran sekitar 4 hari yang lalu, saya ga pisahin di antara emak dan bapakny, anak” nya aman, jika bapakny sangat agresif, seperti loncat”in emak’a, mondar mandir ga jelas, dan ganggu mamanya nyusuin itu lebih baik di tunggu skitar 3-4 jam aj, di diemin jangan di liatin, kalau uda pada vobok berarti gpp..

  5. Jessie

    kak, aku punya hamster ( cwok ) aku ga tau jenisnya apa, nah dia itu udh dewasa kak, cuman anehnya pas aku mau nikahin sama haster betina yg seumuran, nah anehnya dia gak mau nikah sama cewenya malah cari susu dari ceweknya ( seperti semua cewek dianggap mamanya ), nah trs gimana kak caranya supaya hamsterku mau nikah? dia udh dewasa cuman mentalnya masih seperti anak bayi, gimana kak? kasih saran dong🙂 . makasih

  6. Gan kakau udah 3 minggu bolehdi pisah

  7. Muhammad Jerry

    Ka hamster yg udah siap kawin kirakira usia berapa ya?

  8. rizki

    Kak, hamster winter white golden betina galak amat, udah 3 hamster jantan tipe ww ga bisa naklukinnya, emg si bdnya lebih gede. Jd gmna tu cara ngawininnya??

  9. sandi arya cayang

    kalok pasangan hemster,satu matanya merah,dan satuya mataya hitam. kayak manatuh bisa gak

  10. Muhammad Kemal Prananda

    Kakak,aku punya hamster syrian satu betina jantan nya udh mati sakit diare aku mau beli hamster champbell sepasang itu boleh digabungin ndak kak betina syrian sama sepasang champbell?

  11. rizal grunges

    Kak aku mau nanya nih,, aku baru pertama kali beli hamster campbell sepasang, trus aku gabungin dalam satu kandang, tpi pas si jantan mau deketin si betina, si betina nya kaya teriak” gitu, trus si jantan nya kabur, jadi aku pisah aja, trus aku beli lagi hamster jantan, aku gabungin sekarang malah si betina nya yang menghindar atw kabur” gitu, trus kalo betina nya terpojok gk bisa lari.. si jantan nya nindihin si betina dan betina nya berbaring punggung nya di bawah, sambil teriak” gitu,, kira” bisa di jodohin gk ya kalo kaya gitu?? Di tunggu jawaban nya kak..

  12. hendra surya

    hello sis, ni sy mau nanya, sy pnya hamster robo sepasang (jantan, betina), usianya kira2 10 bln, tapi kok gak hamil2 ya? padahal mereka tggl di kandang yang sama, apakah hamster sy ini mandul? mohon sarannya sis, trma ksh..

    • Hmm,, aku ga pernah pelihara robo sih, tapi ktnya emang agak susah beranak. Gpp sabar aja, mungkin belum waktunya🙂

  13. Kalo udah hamil,hamster jantan nya di pisahin ngga?trus ciri ciri hamster hamil kaya gimana?tolong info nya ya

  14. Ka please tolong jawab pertanyaan aku,aku punya hamster golden red eye sama panda,betina yang panda jantan yang golden red eye,itu bisa di nikahin ngga?sebelum nya terimakasih

  15. alif

    kok hamsterku malah kelahi

  16. Sinta

    KA aku gk tau gimana nge berdaun jenis hamsterku

  17. bojeb

    mau tanya,emangnya betul kalau hamster berbaring dengan punggung itu tandanya ketakutan?,saya punya hamster cewe cowo,kalo si jantan suka deketin betina,betinanya suka berbaring dengan punggung trs punya citcitcit,apakah itu tidak apa2?.dan sijantan biasanya suka nindih sibetina tp betinya berbaring dengan punggung apakah itu berkelahi?dan itu diiringi suara betina yang menjerit citcitcit.dan jantan mengejar2 betina,betinanya berbaring dengan punggung sambil mencicit,apakah itu tanda sedang berkelahi atau sedang kawin?terimakasih

  18. oh gitu y ka, tp ka dia ngga pernah brantem slalu aqur, mungkin ngga dia bisa beranak ?,kl ngga bisa brarti q harus beli hamster panda yg cwe y ka, tp sayang bgt ka😥 kl q beli yg baru kasian yg kuning

  19. k mau nanya lg nich, aq punya hamster 1 pasangan, yg satu hamster jenis…….(jwban yg nnti kk jwb)(cwe) dan yg 1 lg jenis panda (cwo),kira2 bisa kawin ngga y ka cz aq dah ngga sabar punya baby hamster

    • Wahh,, harus liat dulu kuningnya ky apaa? Yang warnanya kekuningan bisa Golden black eyes (hybrid), bisa juga argente (campbell). Klo panda kan campbell, jelas ga boleh dikawinkan dengan hybrid or winter. Klo km belinya sepasang, biasanya si penjual bakal ngasih yang sejenis. Campbell sm campbell atau winter sm winter🙂

      • bojeb

        mau tanya,emangnya betul kalau hamster berbaring dengan punggung itu tandanya ketakutan?,saya punya hamster cewe cowo,kalo si jantan suka deketin betina,betinanya suka berbaring dengan punggung trs punya citcitcit,apakah itu tidak apa2?.dan sijantan biasanya suka nindih sibetina tp betinya berbaring dengan punggung apakah itu berkelahi?dan itu diiringi suara betina yang menjerit citcitcit

  20. ka numpang tanya kalau warnanya kuning n putih mata nya hitam uk badan sedang itu jenis hamster apa y ?

  21. REZA

    kak gimana cara ngilangin bau di badan hamster

    • Kandang harus selalu bersih, apalagi kalau suka di kasih makan kaya wortel atau toge. Ditaburi bedak bayi juga bisa

  22. ririn

    hallo ka! aku punya 2 pasang hamster,yaitu :
    1,syrian putih albino(betina)+campbel putih abu(jantan)
    2.campbel abu hitam(jantan+betina)
    -aku udah beli psangan yg prtma udah 1bln lbih,tp ko ga hamil2 ya?apa mmang ga bs dkawinkan?trs apa solusinya?
    -trs pas yg jantannya aku satuin sm pasangan kedua,malah ngajakin brtntem trs,bbrpa kali aku coba pasti brntem. gmn ya solusinya?apa aku harus beli lg hamsternya?soalnya lagi pgn bnget pnya bayi hamster,,hehe…..thanks ka!

    • Syrian sama campbel jelas ga bisa dikawinkan. Mungkin mereka jadi berantem karena jantannya kan asalnya dari kandang berbeda, jadi baunya juga beda. Coba aja cari campbel betina untuk dia. Hmm.. emang ada hamster yang gampang hamil ada yang engga, jadi harus sabar🙂

  23. Endru

    kak mau tanya donk
    kondisi kandang yg baik utk biakannya kira2 yg luas atau yg kecil? perlu di kasih mainannya gx?
    .
    trus alas yg baik bwt ia membuat sarang apa?
    .
    Panda Campbell (cwo)
    ……..dengan……..
    Argente Red Eyes Campbell (cwe)

    • ukuran 20x20x25 sebenernya cukup kok, tapi kalau anak2nya sudah besar bisa dipindah ke tempat yang lebih besar. Mainan ga dikasih juga gpp. Alas kayu lebih baik

      • Endru

        emmm,..
        kecil bnget kak, luasan kramik lantai dong:/ 30×30
        .
        truss kak
        kan hari ke-1 mulai penyekapan
        nah,… kira kira hari ke brapa dia mulai bunting kak?
        trus klw lgi di sekap gtu boleh di liat-liat atau di pegang pegang gx?

      • Boleh aja klo mau pake 30×30. Kalo sy dulu awal ngebiakin emang pake 20×20. Klo skrg kandangnya uda berbagai ukuran.
        Hamil ato engganya ga bisa dipastiiin, bisa aja mereka kawin tapi ga hamil

  24. Pungky

    kak, hamster saya semuanya gre sm blue argente (ya emang klo gre sm gre kan biasanya ada ba nya ya) trus udh saya gabung2in tuh yg jantan sm betina. trus udh lama tuh mreka gabung, ada kali 6 bulanan. tp tiba2 masing2 pasangan pd berantem smua, jd saya pisahin deh jd masing2 punya kandang sendiri. Ini kenapa pas udh lama digabung pd berantem smua ya? apa emang kyk gini sifatnya?

    • Iya, terutama winter dan hybrid emang susah banget digabung pas mereka dewasa. Bahkan meskipun udah digabung sejak lahir, ada kemungkinan ketika sudah besar mereka jadi berantem. Lain kali coba tempatkan hamster2 di kandang yang agak besar dan bertingkat. Kalo hamster kamu yang sekarang mungkin sudah susah digabung lagi🙂

  25. alif nxmlanker

    hamster jantanku ukurannya lbih besar dri betinanya
    sedangkan betinanya masih kecil stengah dari yg jntan apakah bisa kawin
    hamsterku jenis campbell

    • Bisa kok, klo nanti betinanya sudah cukup besar bisa kawin sama yang jantan. Ada juga loh hamster jantan yang kawin sama anaknya saat anaknya sdh besar

      • Endru

        klw kebalikannya gimana kak
        (betina lebih besar dari pada jantan)
        apa itu bisa kak??

      • Klo hamsternya kalem sih gpp, tapi biasanya klo betinany lebih besar suka mengintimidasi yang jantan

      • sis, hamster ane yg cewe galak banget, gamau mulu diajak kawin, malah ribut sama yg cowo, yg cowo sampe berdarah. ane cuma punya sepasang. gimana caranya biar yg cewe mau kawin??
        kayanya yg cewe taat agama deh, dia gamau kawin sebelum nikah.

      • vita

        Ka mau tanya hamsterku jenis syirian sama robo kalo di satu in berantem gak? Bisa dikawin kan gak soal nya mereka saling merhatiin klo salah satu diantara mereka lagi makan

      • berantem ato engganya kurang tau karena ga pernah coba. Tapi lebih baik dipisah karena syrian dan robo itu beda jenis. Yang syrian harus di satukan dengan syrian, yang robo dengan yang robo

  26. Ahmad_faris

    Kak gimana caranya agar si jantan mau kawin..?
    Masalahnya si jantannya klihatannya tkut sma si betinanya..

  27. Halloo..
    mau nanya niih..
    hamster aku udah akur niihh keduanya.. (J-B)
    tapi kok udah sebulan lebih betinanya ngga hamil2 yahh?

    • Ada hamster yang gampang hamil ada juga yang engga. Apalagi kalo belum pernah melahirkan sama sekali. Mungkin belum waktunya. Sabar aja, kasih makan minum teratur dan rajin2 bersihin kandangya🙂

  28. setyo

    kak, hamsterku cambell 2 pasang udah nglahirin, tiap pasang 8 anak..
    yg pertama umur seminggu lebih,
    yg kedua baru 4 hari,
    tapi sayang… yg baru 4 hari mati semua induknya matanya luka juga karena kemasukan jantan winter white😦 baru aja hari ini
    trs yg umur seminggu lebih itu tinggal 4 ekor.. itu kira2 kenapa ya kak? apa dimakan induknya ya?
    padahal makanya udah dikasih banyak itu kak.. minta sarannya ya kak.. kasian tinggal 4 ini kak.. takut habis..
    oh iya,, yg anaknya mati semua mau kawin lg enggak kak ya?

    • Yang 8 anak sisa 4 ekor itu sepertinya karena dimakan induknya. Induk hamster memakan anaknya tidak hanya kalau ia lapar. Bisa karena ia stres (apalagi jumlah anaknya banyak dan baru pertama kali melahirkan). Bisa juga karena anaknya memang sudah mati (bangkai anaknya dimakan sebagai nutrisi).
      Hamster yang anaknya mati semua masih bisa kawin lagi kok🙂

  29. Yesi

    Kak mau tanya, saya punya hamster campbell mata merah dan hitam, kira-kira mereka bisa kawin gak ya? terus kok kadang suka berantem gk akur gitu. jadi gimana ya?

    • Bisa ko kalo masih 1 jenis. Hamster kadang2 suka berantem (kadang2 cuma main2 tapi kelihatannya kaya berantem). Tapi kalau sampai gigit2an dan terluka parah lebih baik dipisah saja

  30. erma

    kak mau tanya, hamsterku ko suka kayak cakar-cakaran gitu ya, sampe cicit-cicitan, sampe yang satu takut sama yang satunya lagi (ga bisa bedain mana yg jantan mana yg betina) karena serem aku pisahin deh pake jeruji, apa gak masalah ka? Padahal sebelumnya tidur bareng, dan akur-akur aja, jadi suka berantem gara2 pernah dipindah ke baskom yg gaada maenannya, terus nyatuinnya lagi gimana? Oiya terus sama kalo mereka tidur, tidurnya lama banget, apa emang gitu?

    maaf banyak pertanyaan ka, masih pemula (banget) hehehe

    • Kalau udah pernah dipisahin biasanya susah untuk digabung lagi (apalagi kalau hamster sudah dewasa). Sebenernya ga masalah sih kalaupun dulu mereka pernah di pindah di baskom (asal dipindahnya sama2). Ada banyak kemungkinan mereka berantem. Bisa saja mereka sejenis (sama2 jantan/ sama2 betina), bisa juga betinanya sedang hamil, dll. Berdasarkan pengalaman sih, yang sering tidak akur setelah dewasa itu hamster jenis WInter white.
      Kalau mereka memang sepasang (jantan dan betina) ada kemungkinan masih bisa di satukan lagi. Tapi kalau sejenis (jantan-jantan atau betina-betina) biasanya tidak bisa.
      Hamster memang sering banget tidur. Jadi ga masalah ko🙂

  31. ficky

    Numpang nanya ya kk…
    Aku kan punya sepasang syrian nich.. ud sering kawin, tp ko’ sampai skrg hamster ku belum hamil” ya… pdahal ud sering banget tuch kawinnya.. n kadang” skrg jantannya sering di gigitin dri betinanya…
    Mohon sarannya…..?

  32. setyo

    kak, kalo hams pearl (co) dikawinin sama GRE (ce) itu boleh enggak ya kak??
    trs kalo hams boboknya kok terlentang itu gimana kak? enggak pa?
    makasih sebelumnya kak

    • GRE itu termasuk hybrid sedangkan pearl termasuk Winter White (WW). Saran sy sih WW dipasangkan dengan WW dan hybrid dengan hybrid (meskipun pearl di Indonesia rata2 tidak pure).
      Hamster tidur telentang ga masalah ko🙂

      • setyo

        oh.. iya kak, makasih ya kak
        trs cambell ku ini kalo mau dideketin yg jantannya kok teriak2 ya kak? itu gimana kak? awalnya sih udah mau dinaikin dia enggak pa2, tapi trs kaya digigit gitu punggungnya yg betina, trs yg betina kabur deh,, itu gimana ya kak?s
        makasih atas sarannya kak😀

  33. setyo

    kak ria, aku mau tanya lagi nih kak
    kan cewe aku punya hamster, udah pasangan dari yang jual, trs pas dibawa pulang, sampai kos itu yang cewe dicium2 sama yang cowo
    tapi yang cewe kok mencit cit gitu ya kak?
    itu kenapa ya kak? apa yang betina udah hamil? padahal belum kelihatan hamil,,
    makasih sebelumnya ya kak

    • Hamster mencicit itu biasany karena ga nyaman, mungkin belum terbiasa dengan lingkungan barunya atau terganggu dengan si jantan (hamster yang lagi hamil ada juga yang ga suka di deketin jantannya). Klo tanda2 hamster hamil, pernah aku bahas kok di blog ini🙂

      • setyo

        oh.. iya kak, makasih ya..
        coba aku lihat2 lg deh,, hehe

  34. ecky anggriawan

    hamster ku aneh warna abu” mata merah bntuk.a agak pnjang ..
    jenis hamster apa si??

  35. setyo

    makasih, ya kak atas sarannya, maklum baru pemula, bsk2 tnya lg boleh kan,, hehe
    makasih

    • Sama2.. Klo tau pasti di usahain jawab. Tapi beberapa hal umum tentang hamster udah di bahas di blog ini kok😀

  36. setyo

    kak, kalau hamster saya platinum trs saya kawinin sama dove, bisa kawin gak ya? sama sama cambell sih.. tapi aku amati si cewe udah ngajakin kawin tapi kok cowonya lari trs kaya gak mau kawin ya,, ini gimana? minta tipsnya dong kak

    • Woo.,cew agresif. Hehe.. Ga kebalik tu jantan betinanya? Biasany sih jantan yg suka ngedeketin betinany. Bisa kawin kok, mungkin belum mau aja. Jangan terlalu sering di liatin juga, biar merekany ga risih

  37. ariyanto

    kalo hamsterku sama2 winter, tapi yang 1 tuh matanya merah (ce), yang 1 item (co)
    nah yang ce ini kalo di deketin sama cowoknya suka mencicit terus tiduran grasak grusuk gitu.. terus kalo mau dipegang juga jadi mencicit gitu, itu kenapa yah ? ada kemungkinan bisa kawin ga ?

    • Yang mata merah kemungkinan hybrid. Mungkin awalnya ia terganggu dengan si jantan jadinya ia takut. Trus pas mau di pegang jadi parno juga deh. Bisa kawin kok, kalo sama2 udah mood. hehe..

  38. CERITA HAMSTER (boleh di komentari…)
    kak… hamster aku tinggal 3! padahal aslinya 4 kandang (sekitar 10 hamsteran) terus aku jual sebagian jadi 2 kandang (4 hamster 1 hammie) nah, namanya cicka, cicko, sica, hemy & endut. terus sica & hemy itu pasangan, malah berantem. eh paginya sica mati. gara gara endut baby, cicko bapaknya hemy, cicka urusin endut, jadinya gak aku campur. gara gara kesepian… jadinya hemy juga mati… huhuhu…😦 😦 jadi tinggal si kakek(cicko), si nenek(cicka), dan si baby(endut).

  39. Hay kaka…~
    Hams aku beda jenis, tpi udh kliatan cri2 mw nikahna, klo d deketin jantan yang mw ngndus klamin btinanya, btinanya kya siap2 nyerang:berdiri smbil buka mulut kyak mw gigit klo jantannya mcem2.. suaranya bkn ciit tpi crt.. sma y? Klo aku pegang betinanya abis tu aku deketin wjah btinanya k wjah jntan langsung bersuara betinanya.. trs ktanya klamin btina bkal d gigit sma jantan, tpi klamin betina hams aku kyak udh d gigit, soalnya pinggir klaminnya itu berdarah. tu nikah ato brantem??

    Klo udh pnya anak yg nikahnya beda jenis tu bkal ngbuat anaknya kelainan y?

    Thx ya kak~ =)

    • Kelamin tidak digigit kalau hamster kawin. Digigit itu bisa karena tidak sengaja atau karena jantannya terganggu dengan kehadiran si betina
      Beda jenis gmn? klo winter sm campbel itu ga boleh karena kalau hamil kemungkinan besar ibu dan bayi2nya mati

  40. kka saya punya hamster campbell normal trus saya mw nikahin sama hamster panda ap gpp ??
    tpi rasa nya tuh galkan yg panda dri pada yg normal apa mereka bisa nikah ? 😀
    turs gmn cara kawinin nya tlong tips nya … 🙂

    • sama2 campbel kok, jadi gpp. Klo galaknya sampe gigitin pasangannya ya lebih baik jangan🙂 Tips ngawinin? hehe.. kurang tau yaa, tergantung merekanya juga kali ya😀

  41. rizky

    kak saya kn punya campbell normal klo saya jodhin sam hamster campbell panda ap gpp ??
    tpi kyk nya tuh galkan yg panda dri pda yg campbell normal😀
    gmn cara nya jodohin tlong tips nya …

  42. Mau nanya nih ..
    Kan di rumah saya ada Golden Red Eye .
    Dia tuh suka banget kawin . Dan tidak pernah berantem .
    Tetapi tidur nya gk pernah bareng itu kenapa ya ??
    Dan sekalian kalo kita kawinkan hamster jenis campbell tpi beda tipa misal campbel black X Albino itu bahaya nggk ya ?
    Makasih sebelum nya

    • Kalau tidur sih biasanya suka2 mereka aja. Ada yg suka bobo bareng2 ada yang engga🙂
      Kalau masih sama2 campbel gpp kok (c. black X c. albino bisa)

  43. irsya99

    kok hamster gue suka beretengkar yg jantan x suka mengendus2 pantat betina itu apa kak

  44. msutyo

    kk hamster gue kok baru pertama ketemu kan langsung di gabung kok malah gigitan dan5 menit kemudian yang sibetina pergi kalo di deketin oleh yang jantan

  45. dhika

    kalo hamster yang cowok suka njilat kelamin yang betina,tapi betinanya langsung teriak&lari itu solusinya gimana? jenisnya winter

  46. Jenry_w

    Kak, aku mau nanya Klo hamster campbell panda di kawinin ama hamster campbell satin bisa nggk ??

  47. kak, aku kan punya 2 hamster, satu hamster campbell satunya lagi yang jenis anggora. aku gag tahu yg mna yg jantan yg mna yg betina, si anggoranya kegenitan, klo si campbell lgi mkan, si anggora ngedeketin terus nyenggol2, pas campbell nengok, si anggora lngsung pergi. itu kenapa ya kak?? tlong kasih jwb’a ya kak .. aku btuh informasinya

    • arie

      Sori kalau saya lancang menjawab. Kalau hamsternya beda jenis, alangkah baiknya jika segera dipisahkan. Jodohkan hanya hamster2 sejenis saja. Misal Campbell dengan Campbell atau Winter dengan Winter. Soalnya jika nanti sampai breed anaknya kasihan (gennya menjadi tidak jelas) sangat2 berbahaya.

  48. arie

    Sist, saya mau tanya. Kebetulan saya ada sepasang Campbell di rumah. Yang jantan pemberian seorang kawan, yang betina saya beli sendiri. Pas awal2 saya satukan yang jantan mulai PDKT (mengendus2 bagian belakang sang betina) dan mulai mengejar-ngejar. Tapi selang berapa lama kemudian terjadi perkelahian sampai dua2nya luka2. Sehingga menyebabkan yang jantan jadi agak trauma (bahkan ketika betina saya ganti yang jantan masih terus menghindar). yang ingin saya tanyakan apakah bisa trauma si jantan itu hilang dan bisa berjodoh lagi dengan betina yang pertama (mengingat betina yang kedua sudah ada pasangannya sendiri).

  49. maaf boleh nanyak di gambar penjelasanx hamster jenis pa y????

    • Hamster di gambar 1 sama dgn induk hamster di gambar 3 Winter White (normal n saphere) klo yg di gambar 2 itu campbell normal🙂

  50. nezza

    kak,aku mau tanya ni .. kan aku awal” beli hamster WW 4 aku minta jenis kelamin 2 cwe 2 cwo sma penjualnya,tp damai” aja tuh kak 4 hamster ku,ga pernah berantem sma skali terlihat kawin jg engga .. tp pas aku tambah lg sepasang hamster jenis yg sama dr penjual dan kandang yg sama tiba” salah satu hamster baru ku itu berantem dgn hamster yg lama malah bagian mulutnya aku liat berdarah,itu knp ya kak? padahal aku beli di penjual dan kandang yg sama lho,tp yg berantem cma 1 klu hamster yg 1 nya lg damai” aja .. mohon penjelasan nya ya kak ..

    • Hamster dewasa memang sulit di gabung. Pengalaman saya, menggabungkan WW lebih sulit ketimbang Campbel. Bahkan yang sejak kecil digabung pun, bisa jadi setelah dewasa malah berantem. Meskipun asalnya dari kandang yang sama, tapi setelah mereka di pisah kandangnya kemungkinan besar bau tubuh mereka jadi berbeda. Makanya hamster baru dan lama itu jadi berantem. Klo tidak di pisah, ada kemungkinan hamster2 lama juga jadi berantem sesama mereka. JAdi menurut saya lebih baik hamster yang baru itu di pisah saja, apalagi sudah teluka gitu.🙂

  51. kak saya mau tanya, kenapa hamster saya yang jenis campbell yang betinanya suka berantem, padahal awalnya disatuin baik baik aja malah suka main kincir kinciran bareng bareng sampe tidur bareng tapi, sejak diganti makan sama diganti alas jadi pasir jadi sering berantem ini solusinya gimana ya?

    • NB: yang suka cari ribut yang jantan yang betina kabur kabur

    • Pastiin lagi mereka jantan dan betina bukan. Soalnya klo campbel jarang berantem klo udah sepasang, ga kaya winter. Coba kalo alasnya di ganti serbuk kayu lagi.. Bisa juga karena yang jantan ingin kawin dengan betinanya tapi betinanya ga mau, jadinya dia kabur2 terus

  52. Nurita

    ko anak hamsternya dimakan sama ibunyaa?? padahal ngga kepegang tuh sama tangan..

  53. ananda mulfiana

    kak kenapa hamsterku ko ga hamil – hamil yah padahal udah di kawini loh.

  54. la kalo yang betina di masukan ke kandang dan sama jantan nya di endus2 alat kelamin nya n yang betina mau di kawini ,.
    Tapi setelah beberapa hari yang jantan di gigit2.in ama betina tu gmana ??

    • BEtinanya sudah bosan sama jantannya😀
      hehe.. ga deng, Hamsternya winterkah? mungkin betinanya merasa ga nyaman atau ada sesuatu yang mengganggu, bisa juga dia sedang hamil jadinya agresif

  55. Ega cantik

    kak, hamster suka makan, minum, tidur, main dan manjat bareng-bareng, apa itu udah cocok????

  56. ada nggak yang kak kenal soalnya aku cari nggak ketemu

  57. kak dulu aku punya campbell dan beda sama syrian ku pertama pas ku beli semua hamster jantan syrian memang punya pertamanya pikirku cacat pada dirinya ternyata kata penjualnya si jantan syrian itu punya kantung sperma untuk membuat anak aku jijik sekali warnanya merah seperti amandel lalu aku melihat si jantan lagi makan lalu aku bingung pagi ini aku nggak ada kasih makan tapi kok dia makan terus betapa kagetnya aku ternyata kantung spermanya sudah jebol dan ada banyak telur kecil2 didalamnya aku langsung trauma lalu aku berfikir si betina telah hamil aku jadi bingung sendiri deh🙂 makanya aku tanya ama kakak kak mohon jawabanya ya pleas….. aku takut dia makanin zakarnya pleas kak jawab ya …………….. aku mohon

    • aduhh.. saya ga pernah piara syrian.. jadi ga ngerti.. lagian kantong sperma jebol? telur? rasanya koq aneeh ya.. klo di hamster mini ga pernah ada kasus begitu di hamster2ku. Ada juga jantanku yg kena Tumor, tapi ga sampe pecah. mungkin bisa searching di blog lain yang khusus tentang hamster syrian

  58. Ega cantik

    hehe, aku ganti email ya kak!!!!!!

  59. Ega cantik

    kak, WWku kok kalo beranak ko cuma 2? dan juga pernah cuman 1.

  60. kak tadi hamsterku pas mau dikawini dalam ember malah berantem pas si jantan mau di tangkap si betinanya ngambek eh mereka berdua malah kelahi lalu si jantan jilati kelamin betina tapi si betina malah ngambek dan kelahi dengan jantan tapi si jantan terus aja ngajak kawin dan ngejar-ngejar betina walaupun betinanya udah kelahi sama dia mulu tapi di jantan tetap aja setia hahaha itu ada masalah tentang apa ya kak apa kurang cocok tolong di jawab ya kak pleas….soaalnya aku ingin hamster ku hamil seperti yang dulu rilly dan billy

    • haha.. betinanya lagi jual mahal kali yahh, tapi kalo jantannya gigih, nanti juga luluh koq..😀 taruh di kandang aja, biar mereka kawin alami saja. hehe..

  61. kak kalau makanya suka berdekat2tan dan tidurnya suka berdekat2tan kira-kira sudah cocok kah kak

  62. Ega cantik

    tapi kok hamster cambell panda & cambell normalku yang dulu ngga kawin? malah bertengkar? sampe2X yang cowo hidungnya patah akhirnya mati?

    • wahh.. kalo sampai berantem artinya mereka ga cocok.. meskipun sama2 normal, ato sama2 panda, kemungkinan ga cocoknya tetep ada

  63. kak mereka itu suka tidur berdekat-dekatan kira2 mereka udah cocok belum ya

  64. Ega cantik

    kak, kalo hamster cambell panda dan cambell normal (atas bergaris hitam) bisa kawin gak?

  65. sorry kak nannyanya belakangan soalnya kejadianya baru padahal beberapa hari ini dia suka tidur berdekat2tan dan suka cium2 eh malah kelahi itu karena apa ya kak sampai2 si betina mau di gigit sama jantan apa harus ku pisah kak

    • AKu ga pernah piara syrian siih.. tapi kalo punyanya temenku pernah sampai beberapa kali beranak (meskipun mati terus).
      Hamster kadang suka main2 becanda gitu sama temennya kaya lg berantem pdhl engga. Tapi kalo sudah sampai betinanya ketakutan trus digigit dan luka sebaiknya dipisah

  66. kalau syrian mudah beranak nggak ya kak dan kalau udah beranak sekali sama nggak seperti campbell nantinya beranak pinak terus

  67. iya kak sama2 syrian tapi si betina suka mainin ekor jantan sampai dia lari2 dan betina ngejar tapi cuma 7 detikkan lalu tidurnya suka dekat2tan tapi kenapa nggak mau niikah ya kak padahal dia suka cium2an loh kak jadi aku harus gimana ?

    • Kawin dan hamil atau tidak tetap tergantung hamsternya, Cuma sedikit tips, hamster senang kondisi kandang yang bersih dan tenang. Kalau terlalu sering dilihatin atau diganggu kadang mereka malah tidak mau kawin

  68. gimana ya kak untuk mengatasinya yang aku ceritain dibawah

  69. kak aku baru aja beli hamster baru pasca kematian hamsterku yang pertama kali ku beli jenisnya syirian gedek banget sekepala anak bayi mungkin terus dia tinggal satu kandang tapi nggak mau nikah tapi mereka nggak kelahi cuman nggak mau nikah aja itu kenapa ya kak hamster campbell aku yang dulu nggak kaya gitu tolong dijawab ya kak

    • Sama2 syrian kan yang digabungin?soalnya kalau beda jenis ga boleh. Hmm.. memang harus sabar nunggunya, ga semua hamster gampang hamil. Ada yang berkali-kali kawin tapi ga pernah beranak, ada juga yang sekalinya kawin langsung beranak.

  70. Hamsterku campbell albino (mata hitam). Ceritanya waktu itu aku beli soalnya lucu dan badannya endut. Eh, gak taunya belum genap 24jam malah melahirkan tu hamster, anaknya 7 ekor. Pas hari pertama 4 ekor mati. Pas hari kedua 3 ekor sisanya mati semua. Dan sebelumnya aku pernah juga ngalamain hal yg serupa kaya gini sama hamsterku yg lain. Tapi pas kelahiran selanjutnya anaknya hidup semua kok.Terus 3 hari pasca kejadian itu aku pengen ngejodohin dia sama campbell argenteku. Nah pas udah aku satuin gitu, langsung sibetinanya agresif dan menyerang sijantan yg coba mendekat. Sijantannya gak kalah cuma kalo sibetinanya gigit, sijantannya juga balas gigit. Dan mereka terus gigit2an. Nah jadi aku pisahin mereka bedua. Dan pas besoknya aku satuin lagi, responnya lumayan bagus, sijantannya mulai mengendus2 betinanya, dan kaya’nya mau ngajakin kawin, tapi sibetinanya gak mau dan menyerang sijantan. Sijantannya pun kabur dan perlahan2 mencoba mendekat tapi sibetinanya selalu teriak2 dan siap2 mau nyerang sijantannya. Dan setelah aku coba dihari2 berikutnya tetep aja hasilnya nihil. Kira2 apa yg sebaiknya aku lakukan ya supaya dia bisa punya anak? Apa aku harus cari jantan dengan warna yg sama atau bagaimana?

    • Campbel albino mata hitam biasa disebut DIlute. Soal warna bulu tidak ada masalah yang penting sama2 campbel. Daripada berantem terus mungkin lebih baik memang di carikan pasangan lain.Kalau aku dulu biasanya bawa hamsterku ke penjual hamsternya, biar bisa dicari hamster yang cocok sama punya kita

    • Gordi"

      kak hamster saya kan jenisnya sama sama syrian aku bingung yang betina berdiri terus menyerang yang jantannya dengan gigit dibagian dibawah perut dan dekat dibagian situ

  71. Adinda

    Mw tanya nih sis. Hamster betina ku lebih besar ukuran tubuhnya dari pada yang jantan, masalah ga’ tuh? Trus hamsterku yang betina gali sarang sendiri di dalam kandangnya, tuh kenapa? Jarang banget sih tidur bareng belum cocok ya? Oh, iya aku sering liat si betina suka njilatin kelaminnya si jantan, trus yang jantan citcit2 gituh tapi itu waktu sii jantan tidur, tuh kenapa? Tolong ya soalnya akw pingin cepet hamsterku beranak….🙂

    • Ga masalah selama ga berantem. Biasanya sih jantan yang nyium2 kelamin betina, itu karena mereka tertarik oleh bau pasanganannya

  72. shelly

    hallo sis mw tny nie hehe,saya mau pnya hamster jenis silver ,betina nya lbih gede drpda yg jantan ,yg jntan sring ngendus2 pantat btina trus sring tdr sama2 tapi wktu betina nie tdur seakan2 mw ngelakuin si betina lnsng ngeluarin suara cicit ..,itu gmn ya??jdoh bkan ya sis ..?

    • Waah.. sy kok baru denger yah jenis silver?campbelkah?😀
      Hmm.. Kalo sdh akrab n mau tidur sama2 berarti mereka cocok..🙂
      Betina memang suka gitu pas mau dikawinin jantan. Kadang2 kejar2an lama banget kaya di sinetron

  73. akhira yuniar

    aku mau nanya nih !!! aku kan punya hamster 2 yg satu betina dan jantan. hamster aku yang jantan kayanya suka sama yang betina tapi, kayanya yang betina klo dijodohin suka gak mau atau berontak. pertanyaannya : “klo hamsternya betina sikapnya kaya gitu berarti kenapa?” dijawab yah!!! makasih

    • Betinanya jual mahal tuh😀 lama kelamaan betinanya juga mau koq sama jantannya, asal jangan sampe berantem aja..

  74. biar dia mau nikah gimana ya kak mohon iformasinya ya kakak

  75. kak hamsterku kan nggak mau nikah kak tapi ia nggak berantem cuma nggak mau nikih aja tapi tinggal di kandang yang sama kira2 bisa hamil nggak ya

  76. Thiecha aiyu

    Terima kasih dech kak^_^

  77. Thiecha Aiyu

    Kak tolong beritahu dong hamster yang siap dijodohin umur berapa sih?

  78. kak hamsterku itu suka berantem gigit gigitan tapi ada suara cit….cit….cit katanya kalau ada suara itu berarti sudah menikah jadi maksudnya apa ya

    • Kalo sampe gigit2an biasanya ga cocok apalagi kalo sampai berdarah. Suara cit..cit..itu belum berarti sudah menikah. Kalo kesakitan karena digigit hamster lain pasti mencicit-cicit juga

  79. shabrina ....veda...

    huuh punyaku yg jantan lebih kecil dari pada yg betina ,, tpi tetep bisa dijodohin g y?
    plis bales ya plis…

    • shabrina ....veda...

      n cara genduti hamster jantannya ? hehe🙂

      • kalo mereka ga berantem bisa aja. cuma rata2 betina yang lebih besar dari jantan suka nyerang jantannya. Wah, cara gendutinnya gmn yahh, terlalu gendut juga ga bagus bisa obesitas nanti🙂

  80. Dhee

    Hello sist😀 saya dan pacar saya baru beli hamster kemarin , hamster jenis winter sepasang. Ketika kami jodohin mereka berdua , yg betina sering mencicit ketika yg jantan mendekatinya , saya pikir td ny mereka berantem , tapi setelah beberapa saat lgi mereka bermain di roll puterannya itu berdua , secara cuma 1 roll nya ;D yang lebih menggemaskan lgi mereka klo tidur selalu berdua berdekatan. apakah penjodohan yg saya lakukan terhadap hamster” saya berhasil atau tidak ya? apa ada kiat khusus lain ya sist?
    -Thx b4🙂

    • Wahh..klo udah akrab gitu berarti berhasil sis..🙂 soalnya winter agak susah dijodohin. Paling yg perlu diperhatikan nanti kalo betina sudah hamil, kadang ada juga yg tiba2 berubah jadi galak sama jantannya🙂

  81. Ajie

    Oke dech sist….
    Aku coba sering2 pegang.
    Makasie sarannya ^_^

  82. Ajie

    Oke dech sist….
    Aku coba sering2 pegang.
    Makasie sarannya..

  83. Ajie

    Salam kenal…
    Gw piara hamie & baru pemula. Pada awalnya sie pgn jalan2 ke pasar burung, trs iseng2 mampir ke petshop hamie… eh ternyata ada yang lucu juga..
    Al hasil gw ambil juga tu hamie, klo kata penjualnya sie jenisnya tiger & violet. GW mau Tanya nie sist… Apakah bener tiger & violet ntu termasuk jenis WW (Winter White). Tpi kog agak susah yah dipegangnya…
    Thx

    • Tiger / WW Normal emang termasuk Winter White, tapi Violet termasuk jenis Hybrid. Emang bnyak sih yg bilang violet tmsk WW (entah krn gtw atau males jelasin).
      Sebenarnya jenis ini jinak kq mungkin karena belum terbiasa aja, jadi sering2 aja dipegang sampai dia terbiasa🙂

      • Gord'I

        Hello,Salam Kenalan.

        kak, hamster saya,kan jenisnya roborovski dibagian ekornya,,kok warnanya kuning

      • Salam kenal juga. Wahh,, saya ga punya robo, jadi kurang tau. Klo misalnya yg kuning (kecoklatan) bagian pantatnya, bisa jadi diare..

      • Gordi

        Hello,salam kenalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: