Panduan Memelihara Hamster

Aku coba googling nih serba-serbi merawat hamster. Terus nemu ini nih..semoga berguna!

Sumber : http://www.ehow.com/how_6041_care-hamster.html

Peralatan yang kau butuhkan:

  • hamster exercise ball
  • serbuk kayu
  • makanan Hamster
  • hamster exercise wheel / roda putar hamster
  • disinfektan / sabun pembasmi kuman
  • buah-buahan segar
  • kandang kawat, kandang berbahan plastik keras atau aquarium dengan penutup
  • Botol air minum kecil khusus hamster
  • Sayuran segar

Langkah-langkah memelihara hamster :

1. Langkah 1

Perhatikan hamster yang tepat untuk dibeli. Hamster yang baik adalah yang berumur  4 sampai 7 minggu; hamster mudah dijinakkan ketika mereka masih kecil. Ada dua jenis hamster: Hamster golden (-mungkin maksudnya seperti syrian gitu..-) dan Siberian / hamster mini. Hamster golden memungkinkan warna dan  bulu yang bervariasi, sementara hamster mini hanya memiliki beberapa warna. Bagaimanapun, perbedaan terbesar di antara keduanya adalah hamster mini tidak sejinak hamster golden.

2. Langkah 2

Saat kau membawa pulang hamster dan perlengkapannya, tempatkan kandang di lokasi yang jauh dari udara langsung (berangin) dan tidak terkena matahari langsung. Pilih area di rumah dimana anda bisa mengunjungi hamstermu setiap saat.

3. Langkah 3

Alasi dasar kandang dengan bedding / serbuk sedalam 2 inchi. Serutan kayu pinus lebih di anjurkan, karena lebih menyerap dan tidak mengandung bahan berbahaya.

4. Langkah 4

Jagalah agar botol minum terisi, bersih pada kandang dengan ketinggian yang dapat dijangkau hamster, tapi jangan sampai tersentuh alas / bedding. Apabila bedding basah bisa mebusuk dan menyebabkan hamster sakit. Bersihkan dan ganti setiap hari.

5. Langkah 5

Siapkan mainan untuk dikunyah. Hamster suka kardus tabung yang ada di dalam kertas toilet dan tissue. Taruh kayu untuk dikunyah hamster di sisi kandang.

6. Langkah 6

Siapkan kotak untuk tempat tidur hamster. Potong selebar 2 inchi untuk membuat pintu pada kardus tertutup. Tempatkan kotak di tengah kandang. Hamster akan memenuhi kotak dengan bedding / serbuk dan mengunyah tabung kardus kertas tissue menjadi kecil-kecil dan menyimpannya di kotak sebagai alas tidur. Dia tidak akan mengencingi kotak itu, jadi anda bisa menggunakaannya berbulan-bulan tanpa menggantinya.

7. Langkah 7

Berilah makanan racikan yang disiapkan untuk hamster sakali atau dua kali sehari. Sediakan sejumlah kecil buah-buahan dan sayuran segar untuk sepanjang tahun. Pada saat kau memperkenalkan makanan baru, mula-mula berilah makanan dalam porsi kecil sehingga sistem tubuh hamster dapat digunakan untuk mencerna makanan tersebut.

8. Langkah 8

Gerakkan badan hamstermu dengan meletakan roda putar / exercise wheel pada kandangnya. Biarkan dia menggerakkan badannya di luar kandang dengan menaruhnya didalam hamster ball yang terbuat dari plastik, tersedia di pet shop. Tutuplah pintu kamarmu, keluarkan hamster dari kandang, dan biarkan dia berputar kemana-mana di dalam hamster ball.

9. Langkah 9

Cuci kandang hamstermu paling sedikit seminggu sekali. Pindahkan hamster ke lokasi yang aman dan rendam kandang ke dalam air yang telah dicampur sabun anti kuman. Bersihkan semua kotoran, keringkan dalamnya dan tambahkan bedding yang bersih sebelum memasukkan hamster.

10. Langkah 10

Ganti semua buah dan sayur yang tidak di makan setiap dua kali sehari. Makanan segar yang telah berjamur dapat membuat hamster sakit.

11. Langkah 11

Jangan mandikan hamstermu. Hamster bisa membersihkan dirinya sendiri. Bila menurutmu badan hamster bau, asalnya mungkin disebabkan bedding yang kotor. Bersihkan kandang hamster lebih sering.

12. Langkah 12

Bawalah hamster bersamamu atau cari orang untuk merawatnya bila kau berpergian lebih dari 3 hari.

Catatan : Penanganan buat hamster mungkin beda-beda. Ga semua langkah-langkah di atas aku terapin buat hamsterku sihh.. hoho..misalnya, aku jarang banget ngasih buah dan sayuran (paling wortel)

yang paling penting adalah kasih sayang kita pada hewan imut ini (^^)v bila anda memutuskan untuk memelihara hamster, maka anda harus mau bertanggung jawab pada kehidupannya🙂

Categories: Hamster, Hamster Pertamaku | Tags: , , , | 15 Comments

Post navigation

15 thoughts on “Panduan Memelihara Hamster

  1. kak, gimana kalo gamesnya pet party di games.co.id? ini aku nulis sambil main pet party. hewanku hamster lho!!!

  2. selly yunia agrippina

    hamsterku lg hamil nih kak.^_^

  3. Ega cantik

    maksudnya anak ww pearlku bayinya umur 3 minggu. tapi kok bulunya coklat? kedua ortunya warna putih semua.

  4. Ega cantik

    kak, ww pearlku kok warnanya bisa coklat sih? umurnya 2 minggu.

  5. Ega cantik

    mbak trimakasih ya udah bales, tapi kalo kpn2X mau ke Jogja ke Perumahan Boko biar nggak usah ke hotel itu rumahku. dulu mbak di Jogja daerah mana?

    • Wahh.. orang Jogja yah..makasih yahh..🙂 aku dulu di daerah Paingan, RR Utara deket Stadion Maguwoharjo

  6. Ega cantik

    buat blog cara merawat baby hamy ya kak, hamster kakak jenis apa aja? aku ww normal.

    • hamsterku sekarang Campbel(black, dove, dominan spot, normal), WW (normal, saphere, pearl) , sama Hybrid (PRE, blue argente)🙂

  7. Ega cantik

    mbak, kalo hamster ww normal ku kok anaknya bisa warna coklat sih? umurnya udah 1 minggu lebih.

    • Warna ww normal memang kehitaman dengan semburat coklat. Tapi seandainya dia berwarna coklat muda dengan mata merah, mungkin ia adalah blue argente keturunan dari jenis hybrid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: