Tips Hamster hamil dan melahirkan

Hamster Menyusui

  • Kalau hamster hamil besar dan mulai gelisah segera ganti serbuk kayunya, biasanya kalau serbuk bersih dia lebih nyaman dan cepat melahirkan.
  • Sediakan makanan lebih banyak dari biasanya.
  • Wheel / puteran hamster bisa membantu hamster hamil supaya cepat melahirkan. Tapi, setelah melahirkan, lepas semua perabotan : puteran / wheel, tempat mandi, dan semua mainannya.
  • Sediakan rumah-rumahan untuk sarang. Biasanya ibu hamster memasukan Hamster Menyusuianak-anaknya ke situ. Selain itu, untuk beberapa induk hamster yang stres (misalnya suka jatuh-jatuhin badannya ke belakang gitu) berguna juga supaya anak-anaknya tidak tertindih.
  • Kadang-kadang,  beri tahu putih untuk membuat susu ibu hamster mengalir deras.
  • Lebih baik tempatkan hamster hamil dan melahirkan di fun box atau aquarium. Pengalaman neh, pernah ada hamsterku yang melahirkan di kandang berjeruji. Eee..tau-tau setelah beberapa hari anaknya ada yang keluar lewat sela-sela jeruji..
  • Jangan terlalu sering melihat hamster yang sedang menyusui dan jangan terlalu berisik supaya dia tidak merasa terganggu. Kalau ibu hamster terganggu ia tidak mau menyusui.


Catatan :

  • Apabila melihat bayi hamster dimakan induknya, biasanya karena bayinya tersebut Hamster menyusui sudah mati. Jadi bukan dimakan hidup-hidup. (tapi ada juga sih kasus bayi dimakan hidup-hidup. Yang aku tau hamster Syrian punya temenku pernah begitu).
  • Kalau ada bayi hamster yang mati dan tidak dimakan induknya segera dikeluarkan dari kandang.
  • Ada beberapa hamster yang memisah-misahkan bayinya untuk disusui, jadi dia bergantian menyusui mereka.
  • Untuk menghindari hamster hamil lagi setelah melahirkan, pisahkan jantannya (apalagi kalau jamtannya ada tanda-tanda mau ngawinin terus.hoho..). Soalnya,  apabila hamster hamil pada saat masih menyusui anak-anaknya (apalagi kalau sudah mendekati kelahiran) biasanya dia akan menyerang anak-anaknya (based on true story nihh..). selain itu kasihan juga kan kalau terus-terusan melahirkan.
  • Biasanya untuk hamster yang baru pertama kali melahirkan ada kemungkinan dia tidak mau menyusui, bayinya ada yang mati, bahkan mati semua. Itu karena hamster baru belajar memelihara anak.
Categories: Hamster Hamil dan Melahirkan | Tags: , , | 115 Comments

Post navigation

115 thoughts on “Tips Hamster hamil dan melahirkan

  1. Irene

    Hamster saya lagi hamil yang betina tetapi betina nya gk mau di pisah dengan jantannya , setiap di pisah betina gigitin kandannya terus , pas jantan di balikin langsung tidur lg di samping jantan , jantannya juga membantu betina membuat sarang . Itu apakah tetap harus di pisah apa dibiarkan 1 kandang ? Terima kasih

  2. Farfajria

    kalo misalnya hamsternya udah melahirkan terus digabungin ama yg jantan, apa nggak dimakan anaknya ama yg jantan?

    • Kalau jantannya baru di gabung setelah betina melahirkan sih jangan. Kecuali kalau sejak awal si betina dan jantan sudah digabung (itupun seandainya betinanya merasa terganggu dengan kehadiran si jantan lebih baik di pisah)

  3. kak,kalok hamster mau ngelahirin sering bersuara nggak

  4. kak, aku mau tanya,hamsterku melahirkan, kok ada 1 bayinya di ujung yang enggak di susui?

  5. adinda

    makasih tipsnya sangat membantu…

  6. kak mohon bantuanya
    hamsterku dari pagi ape malam kebanyakan tidur padahal dah aq bersihin kandangnya,jenisnya cambell dah gitu si betina sering nyerang sijantan kalau mw kawin
    apa ada hubunanya karena si jantan lebih besar daripada sibetina

  7. kak aku punya hamster cambel tp sepasang dari pagi ape mlm kebanyakan tidur padahal kandangnya sering aq bersihin dah gitu si betina gx hamil2 juga itu kenapa yaka,,,,???
    oyaka hamsterku itu serig nyerang sijantan kalau maungajak kawin,,,!!
    dan kalau badan si jantan lebih besar daripada badan si betina masalah gx tuka

  8. navo futarime no rikudo

    buka aja funpage sayang hamster di facebook… mungkin bisa saling berdiskusi disana….

  9. ocin

    mbak, aku punya hamster jenis campbell sepasang, kmren baru melahirkan 3 anak tapi mati semua digigitin sma induknya.. krna si betina kayanya stress tidur-tidur dipojok dibawah mainan-mainan putarannya jdi aku gabungin lgi sama jantannya ( sblumnya si jantan aku pisah krna si betina lgi melahirkan ) tapi belom apa-apa si jantan udah agresif dan ga sabar mau kawin lagi, jdi aku harus misahin atau gabungin si betina dgn jantannya mbak ?

    • Di gabung juga gpp, selama ga berantem. Oya, klo selama betina hamil dan melahirkan tidak merasa terganggu dengan kehadiran si jantan, ga usah di pisah juga ga apa2 kok🙂

  10. trus klo si hamster boleh ga sih di kasih tahu kuning treus biar dia , gede denger denger di kasih taoge sama tahu kuning mentah

    • Setahu saya sih tahu putih, saya ga pernah kasih tahu kuning. Tahu putih sama toge bagus buat hamster yang sedang hamil atau menyusui. Asal jangan terlalu sering

  11. kak tanda tanda nya klo dia si betina ngelahirin teh gimana ya soalnya klo dia sama lakinya tidur barengan jadi gimana ya kak

  12. decil

    tolong dong, hamsterku jenis campbell ada 2ekor, baru beli seminggu yang lalu (tgl 1 sept)
    trus yang 1 ekor badannya lebih gede daripada yang 1 nya lagi, lebih galak juga & kadang suka gigit juga
    aku blm pernah ngasih jagung kering untuk makanan hamster2ku
    nah kmrn aku coba kasih jagung kering itu, ehhhhh pas sore2 yang badannya gede ini tiba2 aja lari2 muter2 kandang kaya hamster gila deh pokoknya….
    kl yang satunya sih biasa aja, jadi aku pisahin kandangnya kmrn malam
    sampai malam dia masih terus aja gitu, hari ini juga
    emg aku curiga hamster itu hamil karena aku pernah liat ada bintik kaya puting susu di bawah perutnya
    kl hamster hamil atau mau melahirkan emg selalu gitu ya tingkahnya? bingung nihhhh……

    • Ga selalu karena hamil karena memang ada hamster yang kaya gitu, suka muter2 keliling kandangnya karena kelainan gen. Ciri2 hamster hamil bisa dilihat di sini

  13. apahajaboleh:)

    kak, bayi hamsterku umurny bru 13 hari.. trus pas tak tinggal kejakarta, kata pembantu ku ibuny ilang.. trus gimana tuh kak makanan untk bayi hamsternya apa?

    • Kalo saya pernah searching bisa pake bubur nestle kacang ijo ato beras merah, di campur air dingin. Trus dikasih sehari 3x. Mungkin kamu bisa searching di blog hamster lain untk jelasnya, soalnya selama 3 thn piara hamster sy belum pernah ngalamin🙂

      • apahajaboleh:)

        ooo, tapi tuh hamsterny udh bisa jalan, lari.. trus mbukak kuaci, minum pake minuman kyk dot, .😮 . malah makanan ny tak kasih yg kyk bgituan.. boleh gk ? ya kyk biji2an kuaci beras ituu.. xD

      • Ooh,,berarti udah bisa cari makan sendiri yah. Bagus kalo gitu. Cuma kalo masih bayi biasany mereka makan yang lembut2 (Biasanya klo ada ibunya, dia kunyah dulu biji2anny lalu disuapin ke anak2nya). Jangan terlalu sering di kasih kuaci karna ga bagus,sekali2 dikasih tahu putih jg boleh

  14. MudMumud

    kak, emang ntar kalo anaknya udh bisa nyari makan sendiri harus dipisah sama induk nya kah??

  15. MudMumud.

    Kak, hamsterku brusan ngelahirin 4 anak kmaren.. trus kaloo si jantannya ngajak kawin lagi sama betina, gimana tuh kaak? -,-

    • Memang ada jantan yg ky gitu. Klo takut betinany beranak lg mending di pisah. Soalny ada betina yg jadi galak sama anak pertamany klo dia sedang hamil

  16. agus indra cahyadi

    ass sist, mau nanya ni, kan hamster campbell ku yg lagi hamil udah memasuki hari mengandung yang ke 23 hari keatas, perutnya udah gede banget, kayak buah pir gitu, tapi blm melahirin juga, gimana ya, apa ada tips2 utk merangsang hamster supaya cepet beranak ? tlg share ilmunya donk sist, yg gw tau kalo udah 23 hari biasanya hamster udah beranak, menurut pengalaman gw lah sist..🙂

    • Dibersihkan aja kandangny krn hamster suka melahirkan di kandang yg bersih. Bisa jg dipasang kincir (wheel) untuk merangsang. Tapi aku jarang sih pake wheel,ditunggu aja. Tapi km hebat loh, bisa tau persis umur kandungan hamster,aku aja ga bisa😀

  17. hamsterku gemuk banget apa ada kemungkinan hamil

  18. .Kak Hamster ku bru prtama kali melahirkan, tp aku g tau klo induk hamster yg bru melahirkn hrus d pish dgn si jantan?
    .Aku tkut Induk Hamster ny hamil lg…

    • Sebenarnya tidak apa bila jantan tidak dipisah. Justru kadang jantan juga merawat anak2ny. Tapi kalau ada ketakutan betinany hamil lagi boleh dipisah (ga semua betina kq mau dikawini yg jantan saat ia sdg hamil ato melahirkan)
      Biasany betina masih akan menyusui hingga sang anak sudah bisa cari makanan sendiri. Nah,kalo sudah gitu baru anak2ny bisa dipisah dari ibunya (kalo seandainya induk hamil lagi)

  19. anaknya belum ada sih kak tapi,apa ada kemungkinan hamil nggak ? dia pun jadi suka gigit2 jeruji kandangnya

  20. kak tadi aku lagi kasih makan hamsterku eh ada pasir yang basah mungkin itu kena pipisnya setelahku lihat benar2 ada darah kak dan diserbuk yang basah kena pipisnya juga ada darah apakah ada kemungkinan hamil kak atau dia sakit jawab ya kak aku deg…degkan

    • Biasanya pada saat melahirkan memang berdarah, dan darahnya biasanya langsung dijilat sampai bersih oleh jantan atau betinaaya. Kemungkinannya bisa dia sedang proses melahirkan atau sedang menstruasi

  21. dulu hamster yang pertama yang beranak 8 aku nggak tau loh kak dia hamil soalnya badanya kecil banget pas malamnya dilihat eh ada anak hamster hehehehehe
    tapi hamsterku yang ini dari pertama memang nggak suka naik turun lantai 2 kak
    sejak suka makan dan perutnya agak gede jadi suka naik turun lantai 2

  22. kak hamsterku kok nggak mau minum,padahal sudah 3 kali ganti2 tempat minum
    dan coba kakak lihat kira2 ini termasuk ciri2 hamster hami nggak
    makannya berlebihan
    suka naik turun lantai 2 (pertamanya nggak)
    suka tidur
    perutnya agak besar
    gualaaaaak banget (tapi pertama beli memang galak)
    aku belum terlalu yakin kak soalnya kalau perutnya besar ya maklum dia seharian makan terus
    dan tidur di mangkuk makanan
    dan tolong kasih saran tempat minumnya ya
    aku butuh orang berpengalaman,udah beberapa kali hamsterku mati terus dan dimarahi deh😦

    • Tempat minumnya botol khusus hamster kan? Sering2 di cek airnya keluar ato tidak. Jgn2 ga keluar. Tapi ceknya saat botol sdh di pasang yah.. Ato mungkin terlalu banyak dikasih sayuran ky wortel shg ia ga mau minum.
      Klo hamster yg suka naik turun, manjat2, lari ke mana2 memang ada hamster yg pnya sifat seperti itu. Klo yang biasanya jinak tiba2 agresif bisa jadi ia hamil. Tapi susah ya prediksinya, soalnya ga liat langsung. Aku juga awal2 pnya hamster ga bisa nebak kok mana hamster yg sdg hamil..

  23. selly yunia agrippina

    nih td hamsterku lg melahirkan..tp bayi2nya malah gk disusuin..mknya aku deketin bayinya pke’ sendok..emang dia baru pertama kali ngelahirin..jd mgkn blm byza ia kak..aku takut bayinya mati..
    eh iya.apa boleh kalo aku ngasih susu manusia bwt hamsterx..?

    • Susu untuk manusia tidak cocok untuk bayi hamster. Jangan terlalu sering dilihat,,taruh kandang di tempat yang tenang. Hamster yang merasa merasa terganggu atau terancam akan tidak nyaman menyusui bayinya..

  24. ojand

    kalo alasnya bkan serbuk kayu boleh gak ya ?

  25. aziz

    mknn tambahan hamster yg lgi hamil apa yah??

    • Tahu putih,toge supaya susunya bnyak stelah melahirkan. Tp jangan terlalu bnyak. biji2an jg jgn smpai lupa diberi

  26. Assyifa Utami Sukarsono

    kak,umur berapa hamster harus dipisah sama ibunya?soalnya hamsterku udah sekita 2-3 minggu sama ibunya sering di ‘hajar’. jadi anaknya pengen ndeketin ibunya dikit,langsung sama ibunya dimarahai,sampe anaknya itu “cit cit cit!!!!!!”
    Huwaaa~~!Hamster zadiz…. :[]

    • Ega cantik

      sory, yang jawab bukan mbaknya tapi temanya. begini, kalo winter white sekitar 1 bulan.
      untuk cambell sekitar 3-4 minggu. robovski 4minggu kali yah? saya ga punya robo nih!
      kalau syrian biasanya dipisah kalau sudah berbulu lebat atau sekitar 4-5minggu.

      • Assyifa Utami Sukarsono

        kalo aku campbell kak,tapi masih baru 2 minggu deh kyknya. kalo udah 3 mgg, boleh apa enggak bayinya aku masukin kandang jantan? em,…gak boleh kali yah? kalo ibunya yang kumasukin kandang jantan gmn? walaa..kasian dech anaknya sndirian….
        #untuk menghemat tempat sich…. hehehehe😀

      • Kalau anak2nya sudah bisa mencari makan dan minum sendiri tidak apa2. Jangan di gabung dengan yang jantan. Ibunya saja yang digabung dengan yang jantan (kalau mau dipisah)

  27. Assyifa Utami Sukarsono

    kak,ciri2 hamster obesitas tuh gmn?

    • hamster tidak lincah, ada bau yang menyengat dari kotoran/pipis mereka

      • Hendro Herman

        kak, dari artikel yang aku baca, rata-rata bayi hamster mulai membuka matanya dan mulai aktif mencari makanan sendiri pada usia 2minggu. Tapi tanpa aku sadari bayi hamsterku sudah begitu pada usia baru 10hari. N kerennya lagi, aku langsung megang bayi-bayinya “dah ga sabar.hehe” dan segera membersihkan kandangya karena udah bau banget. Setelahnya baru aku sadar kalau mereka belum berusia 2minggu. Jadi takut neh si induk mulai menyiapkan menu yang cocok sebagai pencuci mulut setelah menyantap anak-anaknya. Apa mereka akan baek-baek saja yah?

      • Sebaiknya memang jangan dipegang seandainya hamster masih bayi, apalagi masih menyusui. Soalnya sang ibu kadang sensitif dengan bau2 asing (pada tubuh bayi). Tapi seandainya ibunya masih tetap menyusui mereka berarti gpp. Tapi, untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan sebaiknya jangan dipegang🙂

      • hamster,fish lovers '.'

        kak, hamster obesitas itu ap cihhhh???

  28. Assyifa Utami Sukarsono

    hamster kakak paling banyak ngelahirin berapa?

    • 10 ekor.. tapi pernah juga dalam 1 kandang ada 2 betina yang ngelahirin barengan pas ditotal ada 16 bayi, gatau masing2 ngelahirin berapa ekor

      • Assyifa Utami Sukarsono

        oh………….boleh apa enggak kalo misalnya dia udah prnah ngelahirin,trus dia hamil lagi nggak papa kah?

      • boleh.. asal jangan sampai anak2nya yang pertama masih kecil dia sudah hamil lagi.
        Usahakan setelah anak2 pertamanya sudah mandiri dan sudah bisa dipisah dari orang tuanya

  29. Theo

    kak, maksudnya dikasih tahu putih itu, tahunya diapain dulu ya? takut salah nih kak, trus dikasihnya dalam keadaan ancur apa utuh?

    • Ega cantik

      sory, yang jawab bukan mbaknya, tapi temannya. tahu itu untuk makanan anaknya yang udah umur 2 minggu, untuk belajar makan anaknya. tahunya jangan mentah! direbus dahulu. dikasihnya agak diremas remas agar anaknya bisa makan.

    • makasih uda di bantu jawab. Kalo aku biasanya dipotong kotak2 kecil, hmm.. ada yang direbus dulu ada yg engga, Kalo aku sih engga yahh, Aku kasihnya juga cuma 2/3 hari sekali

      • Ega cantik

        sama sama mbak! kitakan udah berteman!

    • Theo

      makasih kak buat infonya

  30. Assyifa Utamu Sukarsono

    kak,padahal tempat minumku nggak rusak kok,tapi kok hmsterku kyknya gk mau minum lagi dari tempat minum yang itu?kenapa ya?

    • MAsih ga mau minum? Kalau punya botol minum lain coba diganti.,
      hamsternya di kasih wortel ato toge biar ga kekurangan cairan yah (meskipun sebenernya ga bagus juga kalo keseringan😦 )

      • Assyifa Utami Sukarsono

        o….gitu,ok mksih kak

      • Assyifa Utami Sukarsono

        oh,trnyata udah mau kak

  31. Assyifa Utami Sukarsono

    kak,kok hmsterq yg menyusui itu klo aq ksih minum,bebrapa hri kmudian aq liat lagi,minumnya masih utuuh,kyknya g diminum,pdahal baru aq ganti airnya,kenapa ya?

    • coba di cek airnya netes ga dari botolnya? takutnya tersumbat. Biasanya hamster yang baru melahirkan itu minumnya banyak

      • Assyifa Utami Sukarsono

        enggak tersumbat kok.dari pertama beli,tempat minumnya masih bagus,waktu aku cek juga bisa ngalir,tapi yang lagi menyusui kok………………. -_-“

  32. Ega cantik

    hamsterku kan melahirkan. minumannya kusediakan, tapi malah di rusak sama si ibu jadinya bocor. gimana kak solusinya pliss balasya kak!

    • botol minum hamster emang banyak yang suka bocor.. ga cuma gara2 hamsternya, di rumahku ada 10 kayanya yang bocor. Kalo ga ada botol minum lain, di pasang aja minumnya bergantian, misalnya pagi, siang, malem, kalo hamsternya uda selesai minum di lepas botol minumnya

  33. Assyifa Utami Sukarsono

    kak,hamsterku melahirkan 3 anak,yang 2 mati,tapi yang mati itu belum di makan,waktu aku mau ngambil anak yang udah mati,hamsternya malah ngamuk,jadi aku coba nyuapin pelet dari luar jeruji,tapi sama aja,masih ngamuk terus….gimana nih kak,yang mati itu diambil atau dibiarin aja?

    • Assyifa Utami Sukarsono

      kak,kasus baru lagi nih,hmsterq yg baru ngelahirin itu,dari td kok gigit2 jerujinya ya?padahal biasanya enggak,dan anaknya juga udah manggil2(hk hk hk hk)tp ibunya masih aja gigit2,manjat2 jerujinya,dll>>>>
      jd gmn kak??????????????????????????????????????????????????

      • Assyifa Utami Sukarsono

        aku khawatir nya sama anaknya itu….kalo ibunya nggak mau ngurus gmn kak?>.<😥

      • pertanyaan yang di bawah dijawab di sini yahh.. Anak yang mati memang lebih baik diambil, tapi kalau ibunya mengamuk jgn dulu takutnya dia semakin terganggu tunggu saja sampai tenang. Hamster emang suka gigit2 kandang yang berjeruji. biasanya sy selalu mindahin hamster yang sedang hamil ke kandang akuarium. Hamster saya juga pernah ada loh yg seperti kamu, malah sampe jatuh2in badannya ke atas bayi2nya. tapi dia bisa koq mengurus anak2nya sampe gede.
        Yang penting taruh kandang di tempat yang tenang, jangan terlalu sering diawasi, agar ia tidak terganggu. HAmster yang sedang menyusui kadang stres dan risih dengan bunyi2 sekecil apapun

    • Ega cantik

      sory, yang jawab temenya yang dulu jawab tentang anak dipisah sama ibunya itu lo!
      biarin dulu aja, nanti kalo ibunya tidur baru diambil.

  34. Ega cantik

    mbak, kapan-kapan pulang ke jogja dan mampir ke rumah ku ya? soalnya hamsterku banyak yang berbulan madu nih! wah! hamsternya kakak brapa sih?

    • paling ke jogjanya kalo libur panjang aja nihh.. hehe..dah lama ga ngitung.. ada 50lebih kali yaah..

      • Assyifa Utami Sukarsono

        rumah kaka dimnana sich?

  35. Stevanny Wijaya

    kan kenapa sih hamster aku gx pernah mau kawin… tapi belum pernah melahirkan dan kawin..

    • Cek lagi kelaminnya bener jantan n betina bukan.. (Aku juga pernah keliru masangin hamster, ditungguin lama ga kawin2 gataunya sama2 jantan)
      Mungkin juga belum waktunya. Ada juga hamsterku yang ampe mati ga punya2 anak padahal mereka kawin loh..

  36. hamsterku baru ngelahirkan, awalnya aku ngga nyangka dia melahirkan, soalnya hamster gua masih muda banget. Eh, ngga taunya besoknya udah mati semua 7 ekor. Kira2 ada tips ngga buat kasusku ini? Soalnya kaya’nya dia udah hamil lagi nih. Mohon bantuannya ya??

    • Mungkin karena dia baru pertama kali melahirkan, jadinya masih belajar. Banyak kok kasus hamster yg baru pertama melahirkan pertama kali. Hamsterku juga sampe skarang ada yang gitu

      • hamster,fish lovers '.'

        kak, klo hamster betina ga di kawinin gpp kan??? jenis hamsterku: safir, badannya kecil, umur ny gtw brp… mati ga klo ga di kawinin/ga lahirin???? jwb ya kak… penting nih

  37. kak waktu itu aku udah cerita yang hamsterku itu suka cuek-cuekan maksudnya kayak nggak peduli sama temanya itu terus dia nggak mau nikah lagi tapi nggak berantem kira2 bisa hamsil nggak ya mohon jawabanya ya kak

  38. mbak si hamsterku sudah melahirkan pada tanggal 13-2-2012…….beberapa menit kira2 1 menit si induk aku mesukin ke kandang jantan apa itu nggak masalah mbak dan aku punya masalah lagi kan pada tanggal 13-2-2012 dia baru melahirkan dan sampai sekarang (20-2-2012) perutnya masih aja gendut apa dia hamil lagi mbak karena dia sering main di kandang jantan

    • Tidak dianjurkan memindah-mindahkan hamster betina saat dia sedang menyusui. dan hamil di saat anak2 pertamanya mulai besar beresiko anak2nya akan di makan karena dianggap ancaman

  39. sis, hamster ku gemuk kaya lampu bohlam…
    tetapi skrg udagh gx gemuk amat kaya waktu itu??
    itu knapa hamil bukan yah??
    tp skrg malah jd galak bgt sering gigit…

    • Bisa karena hamil ato juga emang dasarnya gemuk. Ciri-ciri hamster yang hamil bisa dilihat di sini
      Seandainya benar dulu gemuk karena hamil dan sekarang tiba2 kempes, ada kemungkinan dia sempat melahirkan tapi anaknya mati lalu dimakan.
      Hamsternya campbel bukan?biasanya yang suka gigit itu campbel apalagi kalo sedang hamil dan setelah melahirkan

      • ought begitu yagh sis…
        iyah dulu gemuk bgts tp pas udagh semingguan kempes agie…
        tp skrg gemuk agie gmna tuch sis??
        iyah campbel panda sis…
        pas wktu beli jg gx terlalu galak tp skrg malah agresif bgts sis….

      • hmm..campbel itu emang bisa sih awalnya jinak trus tiba2 galak. Kalo gemuk bisa karena hamil atau kebanyakan makan. Mungkin bisa diliat di bawah badannya ada titik2 item (puting) ga. kalo hamil biasanya keliatan

  40. mbak maaf ya bannyak naya mbak ciri2 hamster yang masih kecil gimana ya

    • Kecil itu bisa diliat dari usianya.. usia 1-2 bulan itu masih termasuk kecil. O iya, jgn terlalu khawatir soal hamster jantan yg lebih kecil dari betina (selama ga berantem loh yaa..) soalnya hamster campbel betinaku ada yang dikawinin sm anaknya sendiri kq🙂

  41. mbak hamsterku itu berjenis campball opal satu lagi campball putih tapi yang perempuan lebih besar daripada si jantan kira2 bisa hamil nggak ya

  42. rifandi

    K, kan hamster aku jenis syrian longhair dan umur nya sudah 3 bulan dan aku kawinnin, dan kata si penjual klo hamster syrian longhair lebih baik serbuk nya di ganti oleh batu2 yang kecil , dan kata kk klo hamster lebih nyaman pasmelahirkan itu di serbuk kayu jadi yg bener yang mana nih ????

    • Sy sih belum pernah melihara syrian. Tapi klo pas melahirkan menurut saya lebih baik pakai serbuk kayu lebih hangat untuk bayi dan mengantisipasi tergores2 oleh batu

  43. hamster aku pertunya gendut, putingnya gk begitu keliatan, kalo makan ruakus nya minta ampun, itu hamil atau obesitas?

  44. Ciri Ciri Hamster Hamil Kyak Gmana Sih

  45. hadi

    kalau hamsternya sering manjat” trs jatohin badanya gak apa” tuh kalau hamsternya lagi hamil??

    • Kalau bisa jgn taruh di kandang berjeruji atau bertingkat buat hamster yg ky gitu. Tapi kalau gada, yg penting hindarkan mainan2 yg berbahaya. Kasih rumah2an di kandang supaya setelah bayinya lahir tidak tertimpa2 ibunya

      • Assyifa Utami Sukarsono

        tapi kak,masalahnya nggak ada lagi t,pat bwt taruh hmster yg menyusui pnyakku.yg aquarium bwt 2 hmster lain.jd cm tinggal kndang jeruji aja…gapapa tuh…?

      • gpp.. cuma masukan, sebelum punya akuarium hamsterku juga ada yang melahirkan di kandang jeruji🙂

  46. ce, hamsterku ciri”nya aneh
    yg betina dia makan lebih banyak banget daripada jantan. ku kasih toge kemaren yang jantan habis 2 kalau yg betina ini bisa sampe 4-5.
    dia suka nyimpen makanan di pipi kemudian di buang lagi di pasir dalam rumah.
    di perutnya itu muncul item” kaya puting gtu.

    bener itu ciri” dia sedang hamil?
    saya gak tau dia tambah ganas apa gk soalnya emg dia galak banget >o<

    • waahh..jangan2 hamil tuu hamsternyaa ^^ perutnya gendut ga? biasanya bagian perut ke pantat agak menggembung kalo sedang hamil. Klo nyimpen makanan di pipi emang semua hamster gitu, kalo nimbun bisa dia sedang hamil, ato makanan kbanyakan. O iya, sist..beddingnya pake pasir ya? klo bisa ditambah or diganti serbuk kayu aja klo bener hamil, soalnya hamster lebih nyaman kalo melahirkan di serbuk..

  47. eh hamsterku mati, krna di gigit kucing kyknya😦 ,trus dy punya anak msh bayi2,, yah masih menyusui,, gmna donk ? bantu ya…kasian bayinya baru 9 hari T.T

    • waduhh..cari ibu penggantinya..klo ada hamster laen yg baru beranak juga, bisa di gabungin tu bayi2nyaa

      • hamster ku pertama lahir bayi nya 1 besar lagi
        waktu melahirkan lagi bayinya 6 terus pada mati semua
        sering gitimpah timpah lagi atau di gesek gesek kena kaki induknya
        itu knpa ya ???

      • Di gesek2, mungkin mksdnya serbuknya ya ditutupin ke bayi2nya? biasanya sih biar ngelindungin bayinya. mungkin bayinya mati karena ga disusuin ibunya..

  48. abay

    boleh dong kalo mau hibah heheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: