Membedakan Hamster Jantan dan Betina

Setelah sekian lama tidak membahas tentang dunia perhamsteran, akhirnya saya kembali lagi. Dari awal membuat blog sebenernya udah kepikiran judul ini, tapi kenapa yah agak males bahasnya. Haha.. Ya sudahlah, buat yang masih bingung bagaimana cara membedakan hamster jantan dan betina, ada sedikit petunjuk dari saya yang malam minggu ini sedang gada kerjaan baik hati.

Pertama-tama, yakinkan diri anda bahwa hamster yang anda miliki jinak. hehe.. Soalnya kita perlu membalik tubuh mungil si hamster. Hati-hati saat melakukannya, jangan sampai anda tergigit. Nahh, kemudian perhatikan bagian pantat korban eh.. hamster (kebanyakan baca Conan.. :D). Disitu ada lubang kecil yang kadang nyaris tak terlihat (gw ga usah jelasinlah yah fungsinya apaa males soalnya)

Kalau anda mencari lewat google mungkin akan banyak menemukan berbagai gambar ilustrasi perbedaan hamster jantan dan betina. Tadinya mau saya tampilkan salah satunya di sini, tapi berhubung ada beberapa gambar berbeda dan takut malah membingungkan saya untuk menjelaskan, jadi buat para awam cukup camkan saja kenyataan ini (beeehh bahasa gw..) cukup ingat aja ini :

hamster jantan punya 2 lubang yang jaraknya berjauhan sedangkan hamster betina hanya punya 1 lubang

Oke.. hamster betina juga sebenernya punya 2 lubang tapi sangat berdekatan sehingga seolah-olah hanya 1 lubang.

Taraaaa…. ini dia si cantik.. ^^

HamsterBetina_YihaYihi

 Dan si ganteng 🙂 :

HamsterJantan_YihaYihi

Dikasih tanda biar lebih jelas (_ _”)

Tambahan : Untuk si jantan, sebenernya ada beberapa hamster yang  langsung dapat ditebak tanpa harus melihat lubang tersebut. Yapp, lihat saja bagian pantatnya (tanpa perlu di balik loh yahh hamsternya). Kalau ada 2 jendolan besar yang menonjol di bagian pantat, itu pastinya jantan (kadang orang nyangka ini penyakit padahal bukan). Satu lagi, ada juga beberapa hamster yang bentuk pantatnya seperti kipas (gambar menyusul). Naah.. itu juga pasti jantan.. ^^ O, iya, ga semua hamster jantan punya ciri2 ini loh ya. Ciri2 ini juga biasanya terlihat ketika hamster sudah dewasa 🙂

Categories: Hamster Pertamaku | Tags: , , , , , , , , , | 28 Comments

Post navigation

28 thoughts on “Membedakan Hamster Jantan dan Betina

  1. Muh.Rifki

    Hay guys, aye pnya hamster tpi cwenye gedean kyak lgi hamil koq gk agresif sih?

  2. anharmaulana

    Mba saya punya hamster yang sangat besar jika di satukan si jantan dengan betina apakah bisa hamil??

  3. gw punya hamster,namanya Pupu & Mumu.tpi gw gk bsa bedain nih mna cwe mna cwo.and emang gk da cra lain?bingung gw,apa lgi pupu hamster gigit,tpi klo mumu sih gk.
    tpi belakangan ni mumu jdi suka gigit,gmna dong??

  4. hida

    Masih bingung nih bedain, soalny sy msih gk ykin kl hamstrkh jntan btina.Soalny, lubangny jarakny sama , jg gk ada pndktan, aplg kwin.Tp, perbedaanny yg satu di alat klmnny ada tonjolan yg (gk skdr tonjln, tp pnjng ky p**is, )Apa ada kemungkinan itu jantan?Mohon pjlsnny y mb!Trims

  5. Makasih infonya…
    Ini membantu banget…. 😀

  6. ba misalnya 1 tempat 4 hamster gimana, bisa kawin atau tidak, di tunggu jawaban nya ya

  7. yola

    g mana cara lain membeda kn nya kak?

  8. AL_Khoar Izmi

    Thanks mba, Bermanfaat bangettt buat pemula kayak saya 🙂

  9. Bayu Putra Pratama

    ka, aku punya hamster syrian long hair (betina), sama short hair (jantan), kira” bisa di kawinin gk ka? di tunggu jawabannya

  10. alina sandra

    Kak, hamsterku ngelahirin. Terus, kok si ibu nggak mau nyusuin anak – anaknya? Ditunggu jawabannya, ya….. Thanks

    • Kandangnya taruh di tempat yang tenang, jangan sampai ia ngerasa terganggu,jangan lupa makan n minumnya. Mungkin hamsternya baru pertama kali ngelahirin jadinya belum terbiasa

  11. alina sandra

    Kak, hamsterku ada dua. Satu betina satu jantan. Dua duanya campbell. Nah, cara ngawininnya gimana tuh kak?

  12. CHEALWIN

    ASTAGA PIKIR JANTAN LANGSUNG BISA HEHEHE SOALNYA PADA GALAK

  13. tanty

    Terus bagian aku bisa liat aku malah bingung -_- hamster aku masih muda soalnya

  14. tanty

    Aku ga bisa bedain mana yang jantan mana yang betina, soalnya pada ga bisa diem kalo dipegang-_- jadi bingung deh-_-

  15. kak… minta doa untuk semua hamsterku yg mati… SEMUA MATI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  16. oh gitu y caranya Mba..kl nggak keliatan jendolan brati mau ngga mau musti dibalik dan liat lubangnya donk..

Leave a comment

Blog at WordPress.com.