Step by Step Kandang Hamster Impraboard

Kali ini gw mau share cara bikin Kandang Hamster dari Impraboard (padahal sebenernya udah pernah ) Tapi kali ini langkah2 yang lebih lengkapnya sekalian buat contoh kandang hamster impraboard modifikasi😎

Tujuan pembuatan Impraboard kali ini adalah: 

1. Supaya kalian wahai pecinta hamster yang hamsternya membeludak seperti saya tidak usah mengeluarkan biaya yang terlalu mahal untuk membeli kandang hamster. hahaa.. Bukan untuk menghancurkan bisnis penjual kandang impraboard loohh.. 

2. Supaya kalian wahai pecinta hamster yang hamsternya membeludak seperti saya tidak perlu mendengar omelan enyak babe gara2 make ember, panci, baskom, dll buat dijadiin kandang hamster😀

Bahan2nya masih sama kaya yang dulu : Impraboard (yang besar 30rb), lem alteko (cukup 1 buah 4500), cutterpenggarispulpen, Kalau mau pake tutup bisa ditambah kawat ram (semeternya 15rban), gunting kawat (17rban)

Langkah pertama, yang paling penting yaitu Rancangan

Sangat penting membuat rancangan Kandang sebelum kita mengiris-iris (emang tomat..?) impraboard. Tentunya kita ga mau kaaan.. impraboard yang kita beli terpotong sia2. Tentukan mana bagian yang di potong atau mana bagian yang hanya diiris untuk lipatan. Bagian putus2 pada rancangan di atas adalah bagian yang nantinya diiris. Jangan lupakan juga bagian yang nantinya akan dilem.

Rancangan selengkapnya bisa liat di sini

Langkah kedua, memindahkan rancangan tersebut ke Impraboard

Gambarlah impraboard sesuai rancangan yang telah dibikin. FYI, Papan Impraboard besar biasanya berukuran 100cm x 75cm. Impraboard rancangan saya adalah 4 buah kandang berukuran panjang 20cm, lebar 15cm, dan tinggi 20 cm. Dari rancangan di atas bisa diliat kaaan.. mana bagian yang nantinya jadi alas kandang.

Langkah ketiga, potong dan iris impraboard sesuai rancangan, lalu oleskan krim coklat di atasnya.. (naon sih.. :D)

Inget yaah.. untuk bagian yang diiris jangan terlalu dalam mengcutternya karena bisa terpotong nanti.. Gunakan bantuan penggaris untuk memotong atau mengiris impraboard.

Langkah ke empat, lipat2lah impraboard sesuai selera (rancangan maksudnya )

Walaahh.. jadilah sebuah box besar yang bisa menampung ribuan hamster.. (lebay..). Biarkan selama 2 jam-an, lalu lap dengan kain basah untuk menghilangkan bau lem.

Langkah ke lima,  sekat. Dari rancangan yang gw bikin, akan ada sisa impraboard yang dapat digunakan untuk sekat, bahkan tutupnya sekalian

Langkah ke enam, Tutup Kandang

Tutup kandang ini sumbangan dari my luphly brother, jadi gw ga bisa jelasin cara bikinnya. Jujur aja, tangan saya tidak bersahabat dengan ram, kawat, dll. hehehe..

Demikianlah sodara2, contoh lain kandang hamster buatan sendiri yang ada di rumah saya.. Banyak cara memodifikasi kandang hamster, tergantung kreatifitas. Kandang di atas hanyalah contoh kandang minimalis untuk menampung hamster2 saya yang menjomblo 

Categories: DIY, Kandang Hamster | Tags: , , , | 11 Comments

Post navigation

11 thoughts on “Step by Step Kandang Hamster Impraboard

  1. Irfan

    thx infox… ^_^

  2. petr

    kak,,impraboard 100x75cm itu beli harganya 30rb ya? di mana?
    trus gambar rancangan yg di kertas itu gari2nya kasihin penjelasannya dong berapa centi gitu,,masih bingung nihh,,hehehe…

    • Ya, sekitar segitu. Aku beli di toko alat tulis deket rumah. Di gramedia juga ada, ukurannya macem2🙂
      Hehe.. nanti diupdate lagi yahh.. nyari kertasnya dulu, lupa nyimpennya di mana..😀

  3. amelll

    ka jelasin cara bikin tutup kandangny dong :s

    • wahh.. itu juga dibikinin sama kakakku yang cowok, aku ga ngerti soalnya pake ram dan kawat. hehe.. Kalau baca tulisanku yang di Kandang Hamster Buatan Sendiri, kandang kaya gitu ramnya bisa ditempel pake lakban ato di jekrek pake steples hehehe..😀

  4. atomos

    impraboardnya dapat dimana mba ya…

  5. Ega cantik

    bbk, benar-benar kreatif!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. Caecilia Ega Sanjaya

    blog baru…lagi2X ya? buat lebih lengkap lagi ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: