Hamster

Membedakan Hamster Jantan dan Betina

Setelah sekian lama tidak membahas tentang dunia perhamsteran, akhirnya saya kembali lagi. Dari awal membuat blog sebenernya udah kepikiran judul ini, tapi kenapa yah agak males bahasnya. Haha.. Ya sudahlah, buat yang masih bingung bagaimana cara membedakan hamster jantan dan betina, ada sedikit petunjuk dari saya yang malam minggu ini sedang gada kerjaan baik hati.

Pertama-tama, yakinkan diri anda bahwa hamster yang anda miliki jinak. hehe.. Soalnya kita perlu membalik tubuh mungil si hamster. Hati-hati saat melakukannya, jangan sampai anda tergigit. Nahh, kemudian perhatikan bagian pantat korban eh.. hamster (kebanyakan baca Conan.. :D). Disitu ada lubang kecil yang kadang nyaris tak terlihat (gw ga usah jelasinlah yah fungsinya apaa males soalnya)

Kalau anda mencari lewat google mungkin akan banyak menemukan berbagai gambar ilustrasi perbedaan hamster jantan dan betina. Tadinya mau saya tampilkan salah satunya di sini, tapi berhubung ada beberapa gambar berbeda dan takut malah membingungkan saya untuk menjelaskan, jadi buat para awam cukup camkan saja kenyataan ini (beeehh bahasa gw..) cukup ingat aja ini :

hamster jantan punya 2 lubang yang jaraknya berjauhan sedangkan hamster betina hanya punya 1 lubang

Oke.. hamster betina juga sebenernya punya 2 lubang tapi sangat berdekatan sehingga seolah-olah hanya 1 lubang.

Taraaaa…. ini dia si cantik.. ^^

HamsterBetina_YihaYihi

 Dan si ganteng 🙂 :

HamsterJantan_YihaYihi

Dikasih tanda biar lebih jelas (_ _”)

Tambahan : Untuk si jantan, sebenernya ada beberapa hamster yang  langsung dapat ditebak tanpa harus melihat lubang tersebut. Yapp, lihat saja bagian pantatnya (tanpa perlu di balik loh yahh hamsternya). Kalau ada 2 jendolan besar yang menonjol di bagian pantat, itu pastinya jantan (kadang orang nyangka ini penyakit padahal bukan). Satu lagi, ada juga beberapa hamster yang bentuk pantatnya seperti kipas (gambar menyusul). Naah.. itu juga pasti jantan.. ^^ O, iya, ga semua hamster jantan punya ciri2 ini loh ya. Ciri2 ini juga biasanya terlihat ketika hamster sudah dewasa 🙂

Categories: Hamster Pertamaku | Tags: , , , , , , , , , | 27 Comments

Pica, Si Hamster Kaki 3

Sebenernya ini lanjutan dari bersih2 kandang 2 minggu yang lalu. Seperti biasa, bersih2 kandang = ajang poto2 bersama.

Mungkin ada yang pernah baca salah satu postingan gw tentang hamster gw yang cuma punya 3 kaki sejak bayi. Kalo belum, bisa cek di sini.

Nah, apa kabar ya hamster itu? Masih hidupkah? Hehe.. Jawabannya.. masih gan! Hebat kann.. tadinya gw udah pesimis loh, dia ga bisa berumur panjang. Tapi rupanya si Pica (dari dulu hamster gw yg kakinya buntung pasti dipanggil Pica,, kehabisan stok nama -.-)   masih terus berjuang hidup hingga sekarang. Dan jadi salah satu hamster tertua juga (Tapi rata2 hamster gw uda tuir deng :p)

Meskipun agak sakit2an sih, bulunya yang di bagian kaki buntungnya sudah merontok dan  tulangnya nyaris keliatan. Tapi dia masih lincah.. suka manjat2 dan masih lahap kalo makan. Sayang, karna kondisinya seperti itu, gw ga berani gabungin dia sama hamster lain. Jadinya dia ngejomblo deh sampe sekarang.

suka manjat-manjat

Kadang suka kasian juga liat Pica. Ga bisa lari2 kaya normalnya hamster laen, ga bisa mainan kincir2 juga, pacaran ama betina juga ga pernaah 😀

Tapi yang lebih penting, Tuhan masih kasih kesempatan dia buat bertahan hidup. Dan itu harus disyukurin banget. hehe.. Banyak yang bilang, kalau ibu hewan akan memakan bayinya yang cacat karena toh sang anak tidak akan bisa bertahan hidup nantinya. Untunglah hal itu ga kejadian sama Pica.

Jujur yah,, gada pengobatan ato makanan khusus yang gw kasih ke Pica. Gw perlakuin sama kaya hamster yang lain. Kecuali sih masalah perjodohan yah. Haha.. Gw ga berani ambil resiko gabungin dia sama hamster lain.

Si Pica ini ngajarin gw buat selalu bersyukur atas semua yang terjadi dalam hidup gw. Terus bertahan hidup dan jalani saja semuanya dengan baik. Ga perlu iri sama kelebihan orang lain dan percaya kalau setiap orang punya rejeki dan kebahagiannya sendiri2. Semoga si Pica juga bahagia di rawat ama gw yahh..

Semangat Pica-ku!

Categories: Cerita Hamster | 3 Comments

……. !?

Selesai bersih2 kandang dan foto2, gw menengok para ibu hamster yang baru melahirkan. Hmm.. Minggu lalu lahir 3 baby dari seekor ww normal dan 4 baby dari seekor campbel dove,; dan minggu ini lahir 3 baby dari seekor ww normal dan 5 baby dari seekor hybrid  blue argente. (Padahal gw udah ngadain perceraian masal buat hamster2 gw loh.. tapi tetep aja ada yg kebablasan. ya sudlah..). Karena belum bisa dibersihkan kandangnya, jadi hanya gw kasih makan aja.

Tibalah gw di kandang sepasang WW Normal. Minggu lalu mereka dikaruniai 3 ekor anak., dan sekarang tinggal 2 ekor. Dengan HP di tangan, gw siap mengabadikan foto sang induk beserta anak2nya. Daann.. Speechless.. Syok.. Terpukau.. Terpana! (Lebeei,,) sampai ga mampu bikin judul untuk postingan ini. haha.. Gimana engga.. liat aja poto di bawah ini!!

Apa-Apaan ITUU!!! Monggo, disimpulkan sendiri !

Categories: Cerita Hamster | Tags: , | 2 Comments

Winter White Belang

Hari Minggu, seperti biasa adalah saatnya gw ngebersihin kandang2 hamster gw yang bejibun. Karna Senin-Jumat gwnya gawe, jadinya bokap ngerelain waktu buat ngurus si kecil2 imut menggemaskan minta dipites itu..  Sabtu-Minggu baru deh gw bisa maen sama mereka.

WW Saphere yang memutih

Nah, Saat gw mau bersihin kandang yang isinya 4 gendut bersodara WW, ada satu hamster yang warnanya mbladus alias berubah warna. Seperti yang kita ketahui, ada bulu Hamster Winter White yang berubah menjadi putih pada suhu dingin. Gw sendiri baru mengalami pas tinggal di bandung. Hampir 2 tahun melihara hamster di Jogja belum pernah tu ada WW gw yang berubah warna.

Nahh, tadi itu gw nemuin 1 WW Saphire yang warnanya berubah juga. Tapi beda ama WW2 yang lain, ini mah warnanya nanggung. Punggungnya belang2 : Abu2-Putih-Abu2 gitu. Hihi.. Jadi mirip Campbel Dominant Spot

Mungkin proses pemutihannya belom sempurna kali yah. Jadinya belang gitu 😀 Entah kenapa, gw jadi inget Ikan Koi  ;p

Lagi sama2 sodara2nya ^^

Mejeng juga sama emaknya 😀

Categories: Cerita Hamster | Tags: , , | 1 Comment

Pules Banget Tidurnyaa.. ^^ (part 2)

Eeaa.. padahal uda kapok bikin2 part1,part2, dst 😀

Tapi berhubung tingkah hamster2ku makin menggemaskan ampe pengen gw pites saking lucunya.. Haha.. jadinya gw tambahin pose tidur aneh hamster2 gw.

Ini judulnya HAMSTER BERANI MATI. Gimana engga, tidurnya jungkir balik gitu! 😀 Keliatan kan tuh, kakinya nongol di atas. Gw juga heran,, dimana letak nyamannya tidur begitu..hehe.. Mungkin tadinya dia mau maen perosotan tapi saking ngantuknya, jadinya keburu ketiduran dulu sebelum meluncur

Yang ini juga.. entah dimanakah letak enaknya tidur begini. Seolah-olah ga peduli keadaan sekitar. Hamster yang ini yah, dilewatin temen2nya yang keluar masuk rumah juga ga bergeming lohh.. tetep aja molor! hahaha..

NAhh,, yang di bawah ini lebih ekstrim nihh,,

Eaa.. gimana ceritanya bisa pules tidur sambil tumpuk-tumpukan gitu!? hehe.. Tapi kayanya damai aja yah tidurnyaa.. Ini gw poto berkali2 tetep tidur loh,, sempet ganti posisi tapi ya ga bangun, ga ngerasa keganggu gitu. Dasar Kebo! (eh,, hamster deng :D)

Hamster2 di atas ini ada dalam 1 kandang loohh.. hehe.. keliatan kan dari kandangnya. Foto2 di atas di ambil sekitar 2 bulan yang lalu. Tadinya isi kandangnya ada 8 ekor tapi akhirnya gw pisah jantan dan betinanya. Jadinya sekarang tinggal 5 ekor deh penghuninya ^^

Categories: Cerita Hamster | Tags: , , , | 15 Comments

Create a free website or blog at WordPress.com.