Rancangan Kandang Hamster Impraboard

Menanggapi pertanyaan pada postingan saya sebelumnya Step by Step Kandang Hamster Impraboard maka saya akan memberikan contoh rancangan kandang hamster impraboard lengkap dengan ukurannya:

Perhatikan : garis tebal hitam adalah bagian yang dipotong sedangkan garis putus2 adalah bagian yang hanya diiris. Garis Merah di tengah hanya patokan untuk memasang sekat. Daerah yang di beri warna ungu muda adalah sisa papan yang nantinya bisa digunakan untuk membuat sekat.

cat : maksudnya diiris adalah papan impraboard diiris menggunakan cutter tapi tidak sampai putus, sehingga papan bisa dilipat (kalau sudah tau papan impraboard seperti apa pasti ngerti)

Sebagai bonus, akan saya berikan satu lagi rancangan saya untuk membuat kandang hamster ukuran 15x15x20 cm. Untuk membuat kandang hamster ini digunakan 1 buah papan impraboard besar ukuran 75×100 cm dan 1 buah papan impraboard kecil ukuran 50×75 cm. Fungsi papan impraboard kecil adalah untuk membuat sekat kandang, Nantinya akan jadi 8 buah kandang yang masing2 dapat menampung 1 ekor hamster.

Berikut Hasil Jadinya :

Kalau ada pertanyaan kenapa ukuran kandangnya kecil sekali, saya hanya bisa bilang kalau ini salah satu solusi agar pemelihara hamster tidak perlu khawatir ketika hamsternya yang entah disengaja atau tidak jadi terlalu banyak dan tidak ada tempat lagi untuk menampungnya.  Perlu di ketahui, resiko menggabungkan banyak hamster dalam 1 kandang adalah kemungkinan mereka akan berantem satu sama lain. Bisa dibayangkan kan, seandainya dalam satu kandang ada 8 ekor hamster, dan ke8nya tidak akur. Apa tidak kewalahan jadinya membeli kandang hamster baru sebanyak itu!?

Tambahan dari saya, pisahkan hamster jantan dan betina kalau dirasa anda tidak mampu lagi mengurusnya. Jangan pada akhirnya anda menelantarkan mereka hanya karena bosan atau malas mengurusnya karena terlalu banyak🙂

Categories: Kandang Hamster | Tags: , , , | 20 Comments

Post navigation

20 thoughts on “Rancangan Kandang Hamster Impraboard

  1. Rifqi An-nabi

    Itu tempat minumnya gimana ya?? Mohon fotonya kirim ke rifqisaja55@gmail.com,makasih ^_^

  2. Rifqi An-nabi

    Itu tempat minumnya gimana ya mbak??? Boleh fotonya?? Kirim ke gmail rifqisaja55@gmail.com kalo boleh… Makasih ^_^

  3. ifa

    klo cara nempelin tempat mnm nya di kandang impraboard nya gmn yuh ??

  4. Sblmnya terima kasih sudah memberikan panduan.
    dan saya pun sudah mengikuti cara tersebut.
    namun, pada saat saya aplikasikan ke impraboardnya ada yg ganjil pada ukuran garis”nya.
    impraboard ukuran 75×100, pada gambar di atas bagian 75cm itu jika ditambahkan, hasilnya bukan 75 melainkan lebih dr 75.
    20+5+30+5+20 = 80
    dan akhirnya saya mengambil keputusan sendiri dengan itungan: 17,5+5+30+5+17,5 namun masih banyak yg harus di buang utk membuat sekat.
    jika berkenan, mohon di set ulang tiap” bagian berapa yg harus di iris dan di potong.
    terima kasih.

    • Mungkin kalau anda lihat secara keseluruhan dengan memperhatikan garis tebal dan garis putus2 tersebut, sebenarnya perhitungan yang tepat (untuk bagian kiri dan kanan/ bagian 75 cm) adalah 15+5+30+5+15=70.
      Untuk rancangan pertama, ukuran kandang yang akan dibentuk adalah 20x15x20 (pxlxt) sebanyak 4 kandang ; sedangkan rancangan kedua, 15x15x20 (pxlxt) sebanyak 8 kandang.
      Terima kasih untuk masukkannya, nanti akan saya update lagi lebih detail agar tidak membingungkan🙂

      • ok, terima kasih sudah merespon.
        oh yaa, ngomong” mba peternak hamster?

      • Dulu sih iya, tapi sekarang uda kebanyakan jadinya beberapa dipisah jantan dan betinanya biar ga kawin. hehe..

  5. Cha_upzzy

    Mbak kelebihan n kekurangan dari impraboard klo buat kandang apa ya??
    Q pengen buat tapi ragu soalnya takut g bertahan lama..

    • Kandang Impraboardku udah lebih dari 1 tahun masih bertahan dan penghuninya juga ga bermasalah🙂 Kelebihannya menurutku hemat biaya dan tempat. Kekurangannya, untuk impraboard yang pakai sekat, kalau sekat kurang rapat ato lem kurang kuat, bisa di gerogotin sama hamsternya

  6. mbak biasanya klo beli imppraboard dimana sich hehe

  7. emang kuat ya mba? gampang rusak ngga,, biasanra tu hammy kan gigit”..
    dan brapa harganya?

  8. gra

    mbk papan Impraboard tebalnya brp y??apa bisa di lipat atau di gulung gtu……. mkasih

    • Tebalnya sekitar 0.3 cm. Ga bisa di gulung.
      Kalau mau dilipat, harus menggunakan cutter (itu pun dilakukan ketika papan akan dibentuk, karena setelah di iris pakai cutter ia tidak bisa kembali seperti semula)🙂

  9. selly yunia agrippina

    trz..nnti mreka minumny gmn kak??msak hrz bli btol minum sbyk kandangnya it..n tw gg cra bwt btol minum?drpda hrz beli.

    • Biasanya aku tuker2 tempat minumnya, jadi kalau yang satu udah selesai minum, pindahin ke kandang lainnya. Biasanya sih tiap pagi sama sore..

    • Biasanya aku tuker2 tempat minumnya, jadi kalau yang satu udah selesai minum, pindahin ke kandang lainnya. Biasanya sih tiap pagi sama sore..

  10. selly yunia agrippina

    ooh,,kira2 mahal gg ia??

  11. sandy

    gan di mana biasanya impraboard di jual ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: